Rabu, 14 Mei 2014

Politikus Spanyol Isabel Carrasco Tewas Ditembak

Spanyol - Seorang politikus perempuan terkenal Spanyol ditembak mati di depan umum di kota Leon, di bagian barat laut negara itu.

Isabel Carrasco yang menjabat kepala pemerintahan Provinsi Leon itu ditembak beberapa kali ketika dia sedang berjalan di jembatan untuk pejalan kaki di atas Sungai Bernesga.

Laporan-laporan media Spanyol menyebutkan seorang perempuan bersama putrinya sudah ditangkap. Putri perempuan itu belum lama ini dipecat dari Dewan Kota Leon.

Perdana Menteri Mariano Rajoy membatalkan sejumlah acaranya setelah mendengar berita penembakan Carrasco. Perempuan berusia 59 tahun tersebut merupakan Ketua Partai Popular -yang dipimpin oleh Rajoy- untuk wilayah Leon.

Kubu oposisi Partai Sosialis dan partai-partai lainnya juga menyampaikan ucapan berduka dan membatalkan rencana kampanye. Kepolisian Leon mengatakan sedang menyelidiki lebih lanjut peran dari dua perempuan yang ditangkap dalam penembakan Carrasco.

Dua perempuan sudah ditangkap dan penyelidikan lebih lanjut sedang berlangsung. Seorang juru bicara Kementerian Dalam Negeri mengatakan bahwa hingga saat ini penembakan terkait dengan 'aksi balas dendan pribadi.'

"Semua hal menunjukkan bahwa hal itu merupakan aksi balas dendam pribadi yang tidak ada hubungannya dengan posisinya di jabatan umum."

Sekitar 200 orang berkumpul di lokasi penembakan, termasuk walikota Leon, Emilio Gutierez, dan beberapa anggota Dewan Kota serta pemuka lainnya.