Rabu, 14 Mei 2014

Pendaftaran Jelang Mudik Lebaran Gratis

Jakarta - Kementerian Perhubungan telah membuka pendaftaran angkutan motor gratis dengan kereta api saat mudik lebaran. Pendaftaran tahap pertama ini dibuka mulai Rabu, 14 Mei 2014, hingga 18 Mei 2014.

Berdasarkan spanduk di posko pendaftaran, Kementerian Perhubungan melayani pendaftaran dari pukul 10.00 - 14.00 WIB pada tahap pertama ini. Berdasarkan pantauan Tempo di lokasi yang terletak di beranda Gedung Cipta, Kompleks Kantor Kementerian Perhubungan, Rabu, 14 Mei 2014, terlihat sudah ada puluhan calon pemudik yang mengantre untuk mendapat slot angkutan motor kereta.

Sementara dalam tahap kedua, Kementerian Perhubungan akan membuka pendaftaran dari tanggal 1 - 15 Juli 2014. Posko pendaftaran dibuka sejak pukul 09.00 - 14.00 WIB. Dalam tahap kedua itu, Kementerian Perhubungan hanya melayani pendaftaran motor saja yang bisa dilakukan di Kantor Kementerian Perhubungan dan stasiun keberangkatan.

Adapun Kementerian Perhubungan mensyaratkan setiap calon pemudik harus menyertakan KTP asli/ copy, STNK asli/ copy, dan kartu keluarga asli/ copy untuk tiket anak. Selain itu, motor yang hendak diangkut kereta diharuskan sesuai dengan standar kepolisian.

Beberapa tujuan angkutan motor via kereta api yaitu Cirebon (Stasiun Kejaksan), Tegal (Stasiun Tegal), Semarang (Stasiun Poncol), Kutoarjo (Stasiun Kutoarjo, Purworejo), Yogyakarta (Stasiun Lempuyangan), dan Solo (Stasiun Solo Jebres). Stasiun stasiun keberangkatan dari Jakarta berada di Stasiun Jakarta Gudang.