Sabtu, 03 Mei 2014

Jokowi kunjungi tokoh NU

 Jokowi bergerak kunjungi tokoh NU dan Muhammadiyah
Jakarta - Bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Joko Widodo (Jokowi) akan bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh NU dan Muhammadiyah. Dia akan berkeliling Yogyakarta hingga Jawa Timur.

Wakil Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, silaturahmi akan dilakukan pada hari ini, Sabtu (3/5), dan besok, Minggu (4/5).

"Pada hari libur kerja sabtu dan minggu besok, Jokowi akan melaksanakan kegiatan silaturahmi ke tokoh-tokoh NU dan Muhammadiyah di Yogyakarta, Jawa Timur dan Jawa Tengah,", Sabtu (3/5).

Kunjungan tersebut dalam rangka silaturahmi dan penguatan hubungan Jokowi dengan tokoh-tokoh Islam di berbagai pesantren di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Selain itu Jokowi juga akan berziarah ke makam para tokoh-tokoh bangsa.

"Antara lain ziarah ke makam Presiden ke-4 KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Kunjungan silaturahmi Jokowi tersebut adalah dalam rangka melaksanakan ajaran Trisakti Bung Karno yang ke tiga, yakni membangun kepribadian bangsa yang berkebudayaan Indonesia," ungkap Ahmad.

"Tradisi silaturahmi kepada sesama tokoh bangsa dan ziarah ke makam tokoh-tokoh bangsa adalah bagian dari tradisi yang hidup dalam budaya bangsa Indonesia," tambahnya.

Ahmad mengungkapkan, Jokowi memiliki komitmen untuk menjaga tradisi dan budaya bangsa yang diwariskan para leluhur bangsa. Cara tersebut dipandang efektif.

"Untuk melindungi budaya bangsa dari gempuran nilai-nilai asing yang dapat menggerus kepribadian bangsa," tutupnya.