Sabtu, 24 Mei 2014

Aksi Protes Wanita Vietnam Bakar Diri


International – Seorang wanita Vietnam melakukan aksi nekat dengan membakar dirinya sendiri. Tindakan tragis ini dilakukan saat ia ambil bagian dalam aksi protes terhadap penempatan rig minyak milik China di perairan yang diperebutkan kedua negara.

Seperti dilaporkan situs surat kabar Thanh Nien, wanita yang diidentifikasi sebagai Le Thi Tuyet Mai (67), mengguyur dirinya dengan bensin dan membakar tubuhnya di depan tugu Reunification Palace di Kota Ho Chi Minh, Jumat (23/5/2014) pagi.

"Api berhasil dipadamkan oleh petugas keamanan di sana, setelah tiga menit membakar tubunya. Namun, wanita itu akhirnya meninggal," kata Le Truong Hai Hieu, seorang pejabat kota Ho Chi Minh.

Surat kabar Thanh Nien juga melaporkan, aparat menemukan sekaleng bensin di tempat kejadian dan catatan di mana Mai menyatakan kemarahannya atas penempatan rig minyak China dan menyerukan pemindahan rig tersebut.

Penempatan rig minyak China di wilayah perairan yang disengketakan oleh kedua negara memang telah menimbulkan kemarahan dan sikap anti-China di sejumlah wilayah di Vietnam. Bahkan, sempat terjadi kerusuhan di perusahaan-perusahaan China yang berada di Vietnam.