Senin, 05 Mei 2014

Obama dan Slogan Politiknya

Washington – Presiden Barack Obama meledakkan lelucon karut marut peluncuran kebijakan kesehatan pemerintahnya dan meledek lawan politiknya saat makan malam tahunan dengan wartawan Gedung Putih, Ahad malam atau Senin pagi WIB (5/5/2014).

Acara tahunan yang secara guyonan disebut sebagai “pesta kutu buku” itu mengundang para wartawan Washington, juga para makelar kekuasaan dan selebritas untuk makan malam dengan presiden dan ibu negara Michelle Obama, tulis ABC News, Senin (5/5/2014).

“Pesta kutu buku” itu penuh canda dan tohokan tajam dalam humor khas Obama itu juga menampilkan pembawa acara komedian Joel McHale.

Dalam makan malam itu, Obama melawak soal masalah-masalah teknis pelaksanaan healthcare.gov, situs web yang dimaksudkan untuk merombak layanan kesehatan atas prakarsanya.

“Pada 2008, slogan saya ‘Yes We Can’. Pada 2013, slogan saya ‘Control+Alt+Delete,” canda Obama. Hadirin pun tentu ngakak.

Menjelang akhir presentasi, Menteri Layanan Kesehatan dan Kemanusiaan Kathleen Sibelius, yang kerap dikambing hitamkan dalam healthcare.gov, mempresentasikan “perbaikan” masalah-masalah teknis dalam sebuah cuplikan video.

Obama tak menyesali CNN yang tak meliput raibnya Malaysia Airlines MH370, malah mengunggah berita-berita lain yang kurang ngetop pada 8 Maret lalu.

“Saya baru balik dari Malaysia. Makin lama Anda bepergian ternyata makin sulit memantau siaran CNN, “ ujar Obama yang mengundang tawa hadirin.

“Saya kira CNN masih sibuk mencari meja (makan) yang kosong,” Obama mengolok stasiun televsi yang bermarkas di Atlanta, Georgia, itu. Presiden Jimmy Carter pernah bertani kacang tanah di negara bagian ini.

Obama juga melepas pukulan jab ke Fox News, dengan guyonan yang menyebut stasiun televisi itu sebagai “organisasi sayap-kanan bayangan”.

“Cobalah tengok, Fox, Anda tertinggal saat saya pergi melawat. Anda bakal lebih sulit lagi meyakinkan rakyat Amerika bahwa Hillary lahir di Kenya,” Obama melawak dengan segar. Ayahanda Obama, Barck Hussein Obama Sr., adalah sarjana kelahiran Kenya. Setelah bercerai dengan ibunda Obama, ayahnya kembali ke Kenya. Tentu Hillary Clinton tak lahir di Kenya.

Bekas Menteri Luar Negeri Hillary Clinton banyak yang menduga berambisi menjadi calon presiden AS dari Partai Demokrat pada Pilpres 2016, meskipun isteri Presiden Bill Clinton ini malu-malu kucing menyatakan memang mau ikut dalam kontes presiden AS berikut.

Para presenter berita dan wartawan Washington, termasuk seleb yang kurang terkenal di luar Washington DC tumplek blek di lingkaran dalam Gedung Putih, ikut makan malam dengan tetamu Hollywood seperti aktor Robert de Niro dan Patrick Stewart.

Dari kalangan politisi yang hadir adalah senator Ted Cruz (Republikan dari Texas) dan Gubernur New Jersey Chris Christie (Rep., New Jersey). Kedua orang ini berambisi jadi presiden AS berikut, dan keduanya menjadi sasaran empuk lawakan yang setajam silet pada malam kemarin.