Minggu, 15 Juni 2014

Pesawat Lenyap Misterius Sesaat di Eropa


Eropa - Jumlah pesawat yang lenyap misterius sesaat di langit Eropa yang semula dilaporkan 13 telah bertambah jadi 50 pesawat. Puluhan pesawat itu menghilang dari pantauan radar Austria, Republik Ceko dan Slovakia pada 5 hingga 10 Juni.

Pesawat itu menghilang misterius rata-rata selama 25 menit. ”Hilangnya objek (pesawat) pada layar radar terjadi di berbagai belahan Eropa,” bunyi pernyataan pelayanan lalu lintas udara Slovakia, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (14/6/2014).

Kemarin, Sindonews, memberitakan bahwa Badan Keselamatan Penerbangan Austria (Austro Control) mengungkap kejadian aneh. Sebanyak 13 pesawat tiba-tiba hilang misterius selama sekitar 25 menit dari pantauan radar Eropa.

Badan itu pun menyerukan Uni Eropa untuk melakukan penyelidikan. ”Insiden yang belum pernah terjadi sebelumnya,” kata pimpinan Austro Control, Macus Pohanka.

Sejumlah pesawat itu lenyap dari pantauan radar pengendali lalu lintas udara di Austria pada tanggal 5 Juni dan 10 Juni selama 25 menit setiap kali terbang. Anehnya, kejadian yang sama juga dialami pengontrol lalu lintas udara di Jerman dan Republik Ceko.

Jika kejadian itu dialami sendiri oleh pihak Austro Control, Pohanka tidak begitu gusar. Namun, pengendali lalu lintas udara di Munich dan Karlsruhe di Jerman dan di Praha, Republik Ceko, melaporkan hal serupa.

Pohanka menolak menyebut pihak-pihak yang mungkin terlibat dalam insiden ini. Badan Pengontrol Lalu Lintas Udara Eropa dan dan Badan Keselamatan Penerbangan Uni Eropa akan menyelidiki insiden ini.

0 komentar:

Posting Komentar