Jumat, 13 Juni 2014

Perbedaan antara kedua Tokoh Capres 2014


Jakarta - Tidak ada yang tidak mungkin di Indonesia ini. Masih banyak dari kita yang rela mendukung yang brengsek entah oleh sebab apa. Mungkin karena nyaman sama-sama brengsek. Oleh sebab itu, Jokowi masih berpeluang besar untuk dikalahkan oleh kubu sebelah. Survey versi Soegeng Sarjadi School of Government (SSSG) terakhir menunjukkan bahwa elektabilitas Jokowi-JK tidak terpaut terlalu jauh dari pasangan Prabowo-Hatta. Jarak kedua pasangan tersebut hanya sekitar 12% (42,65% vs. 28,35%).

Jelas dengan kekuatan uang dan kampanye gila-gilaan, 12% bukan jarak yang jauh untuk dikejar pasangan Prahara dalam 4 minggu ini apalagi ada 29% swing voters yang bisa direbut.

Perbedaan antara kedua Tokoh Capres 2014:

Perbedaan antara kubu Jokowi dan Prabowo adalah pada pendukungnya. Rakyat yang mendukung Jokowi cenderung pasif dan malu-malu “membantu” promosi Jokowi-JK, silent majority istilahnya. Sedangkan pendukung Prabowo-Hatta, sangat vokal dan masif. Ini terjelaskan karena di belakang Prabowo banyak elemen-elemen yang agak ekstrem / radikal yang memang cenderung vokal dan berani mati. Sementara pendukung Jokowi cenderung rakyat biasa yang tidak terbiasa berkoar-koar.

0 komentar:

Posting Komentar