Kamis, 26 Juni 2014

Sejarah Gaza Dalam Ruang Bawah Tanah


Jakarta - Situasi di Gaza mencegah banyak kegiatan dan proyek. Akibatnya, orang tidak akan terkejut menemukan tidak ada museum di Gaza. Telah ada banyak usaha untuk membangun sebuah institusi yang didedikasikan untuk akuisisi, konservasi, pameran, pendidikan, studi interpretasi dan artefak Palestina. Sementara upaya-upaya masa lalu telah gagal, Marwan dan Shawqy, dua tetangga, sedang berusaha untuk mewujudkan mimpi untuk menciptakan museum nasional.

Kedua pria memiliki kesamaan. Marwan Shahwan memiliki gairah mengumpulkan barang-barang peninggalan, sementara Shawqy Al Fara memiliki uang. Menggabungkan bakat dan sumber daya mereka, mereka telah mulai mengumpulkan artefak-artefak di atas Jalur Gaza dalam rangka untuk memiliki koleksi sejarah dari berbagai jaman.

Duduk di ruang yang penuh sesak di mana koleksi itu disimpan, manajer Museum, Shawqy, yang berusia 38 tahun mengatakan, "Marwan dan saya tinggal di pinggiran kota Khan Younis yang sama. Marwan memiliki semacam gairah untuk mengumpulkan peninggalan. Saya ingat bahwa sekali waktu, dia membayar banyak uang untuk sepotong kecil. Marwan datang untuk berbicara kepada saya suatu hari tentang kecintaannya itu karena mengetahui bahwa saya adalah seorang pengusaha sukses."

Shawqy sangat terkesan dengan ide mengumpulkan barang-barang peninggalan untuk mendirikan sebuah museum, di mana warga Gaza dapat melihat pertumbuhan peradaban mereka. "Kami menemukan bahwa di mana-mana di Jalur Gaza ada banyak monumen bersejarah. Gaza adalah sejarah yang sangat kaya dengan harta," kata Shawqy. Sejak itu, Marwan dan Shawqy telah mengumpulkan bersama-sama.

Item historis dikumpulkan disimpan di tempat yang  disewa dari kerabat Marwan. Marwan, yang berusia 42 tahun, mengatakan bahwa "karena tempat ini penuh sesak, koleksi itu akan terpengaruh." Museum ini menderita karena kurangnya sponsor keuangan, yang sebagian karena pengepungan. Kurangnya sponsor berarti bahwa peralatan yang diperlukan untuk pemulihan dan identifikasi plakat untuk setiap bagian tidak dapat dibeli.

Marwan dan Shawqy berharap bahwa suatu hari koleksi mereka akan dapat dipindahkan ke fasilitas yang berbeda, mudah-mudahan beberapa tempat di Khan Younis di mana impian mereka dimulai. Sampai saat itu, museum akan tetap ramai, menyewa tempat yang hangat yang dihiasi dengan lampu warna-warni untuk menyambut dan membujuk mereka yang ingin mengalami potongan sejarah mereka.

 Upaya dan impian dari Marwan dan Shawqy telah menjadi pengetahuan umum di kalangan warga Gaza. Sekarang, orang-orang yang membawa mereka koleksi untuk museum. Setiap potongan membawa diteliti secara luas untuk menentukan itu milik periode apa. Museum ini adalah kebanggaan mereka.

Shawqy, yang mengorbankan kekayaannya untuk mimpi ini, berkata "Saya merasa bangga ketika  masuk ke sini. Potongan-potongan sejarah ini seperti anak-anak saya. Saya sangat peduli pada  mereka, mereka adalah kekayaan saya. Ketika saya mati, saya tahu anak-anak dan cucu saya akan akan meninggalkan sesuatu yang lebih penting daripada uang. Mereka akan memiliki bagian dari peradaban mereka, potongan-potongan sejarah Palestina, dari tanah suci untuk menyampaikan, yang akan melewati ke generasi berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar