Rabu, 11 Juni 2014

Ekploitasi Tambang Batu Bara Moisegin di Sorong


Sorong - Kabupaten Sorong sudah tidak disangsikan lagi dengan kekayaan alamnya, bukan hanya memiliki sumber daya alam berupa minyak dan gas yang sudah puluhan tahun dieksploitasi, namun juga memiliki potensi batu bara yang dalam waktu dekat oleh perusahaan yang mengelolanya akan di-launching secara resmi.

Kepala Dinas Pertambangan dan Lingkungan Hidup Kabupaten Sorong, Ir. Septer Kawab yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, potensi tambang yang ada di Kabupaten Sorong memang cukup banyak, selain galian C dan tambang migas, saat ini yang sudah dikelola adalah tambang batu bara di Distrik Moisegin.

Potensi tambang yang ada di Kabupaten Sorong, selain galian C yang cukup banyak beroperasi, saat ini sudah beroperasi adalah perusahaan batu bara yang berada di Distrik Moisegin, terang Septer Kawab yang ditemui Radar Sorong dan Papua Barat TV di ruang kerjanya.

Dijelaskannya, perusahaan yang beroperasi di bidang tambang batu bara adalah PT. MPI (Megapura Prima Industri) yang mana dari informasi yang ada dalam waktu dekat akan launching secara resmi.

Sudah beroperasi, sejumlah batu bara sudah ada di pelabuhan kawasan Industri Arar, ungkap Septer. Disinggung mengenai perijinan dan prosedur yang dilalui perusahaan pertambangan untuk beroperasi, dijelaskannya bahwa dalam hal prosedur perijinan tentunya sudah dilalui karena saat ini sudah melakukan operasi, jadi untuk perijinan tidak ada permasalahan, dan untuk petensi batu bara di Kabupaten Sorong salah satunya di Distrik Moisegin dan juga di Distrik Salawati.

Ditambahkannya, dalam hal kualitas batu bara yang ada di Kabupaten Sorong yaitu sekitar 4.000 kalori dan masih terdapat sejumlah unsur-unsur lainnya. Batu bara yang dihasilkan di Kabupaten Sorong ini dapat digunakan untuk kepentingan bahan bakar PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap). Yang ada di Moisegin kualitas batu baranya cukup baik, sekitar 4.000 kalori.

Masih ada unsur unsur atau materi lainnya, kalau yang baik itu sekitar 5.000-an kalori. Informasinya akan di launching, sejumlah batu bara sudah ada di pelabuhan kawasan industri SP 3 dan sudah siap di angkut, pungkas Septer Kawab.
sumber:RS

0 komentar:

Posting Komentar