Sabtu, 14 Juni 2014

Latihan Perang NATO 50 Pesawat Hilang


NATO - Teka-teki penyebab 50 pesawat komersial yang hilang sesaat ketika terbang di langit Eropa mulai terungkap. Layanan Lalu Lintas Udara Slovakia mengataka, penyebab insiden itu karena latihan perang elektronik yang dilakukan Pakta Pertahanan Alantik Utara (NATO).

Sekitar 50 pesawat dilaporkan hilang misterius sesaat dari pantauan radar di Austria, Jerman, Republik Ceko, dan Slovakia pada tanggal 5 sampai 10 Juni 2014. Puluhan pesawat itu hilang misterius rata-rata selama 25 menit.

”Hilangnya objek (pesawat) pada layar radar, terkait dengan latihan militer yang berlangsung di berbagai belahan Eropa. Tujuannya menimbulkan gangguan frekuensi radio komunikasi,” kata Pelayanan Lalu Lintas Udara Slovakia dalam sebuah pernyataan.

”Kegiatan ini juga menyebabkan hilangnya sementara beberapa target pada layar radar, sedangkan pesawat itu berada dalam kontak radio dengan pengendali lalu lintas udara dan terus dalam penerbangan mereka secara normal,” lanjut pernyataan itu, seperti dikutip Russia Today, Sabtu (14/6/2014).

Slovakia sebenarnya tidak menyebutkan kekuatan militer mana yang melakukan latihan hingga menyebabkan insiden itu. Namun, media Austria menunjuk NATO sebagai biangnya.

Media Austria, Kurier melaporkan pada 7 Juni 2014, bahwa hilangnya beberapa pesawat selama beberapa menit itu bersamaan dengan latihan perang elektronik yang digelar NATO di Hongaria. Selama latihan perang, NATO dilaporkan menggunakan perangkat yang dapat mengganggu radar musuh.

”Pesawat menghilang dari layar radar untuk beberapa detik, di sini dan di sana. Padam secara sporadis. Gangguan berasal dari eksternal,” lanjut pernyataan Pelayanan Lalu Lintas Udara Slovakia.

0 komentar:

Posting Komentar