Selasa, 23 September 2014

Pantauan Jalanan Jakarta

 
Jalur –  Polisi dengan senjata lengkap, belakangan kerap terlihat di ruas jalan Jakarta, khususnya di lokasi ramai. Oleh sebagian masyarakat, kehadiran polisi tersebut menimbulkan rasa aman, namun tidak sedikit yang menilai jadi indikasi kondisi keamanan Ibukota sedang gawat.

Penempatan polisi bersenjata lengkap itu biasanya berlokasi di Pos Pantau. Kawasan ramai seperti terminal, stasiun dan traffic light (TL) atau lampu merah sering dijadikan lokasi didirikannya Pos Pantau.

Seperti terlihat di kawasan Terminal Blok M, Kebayoran Baru, Jaksel. Di tempat itu, Polres Jaksel mendirikan Pos Pantau dihuni sejumlah personel terdiri dari Sabhara, Polantas dan Brimob.

BERI RASA AMAN

Kapolres Jaksel, Kombes Wahyu Hadiningrat, mengatakan tujuan didirikannya  pos pantau adalah untuk memberikan rasa aman dan nyaman warga dari segala gangguan kamtibmas.

“Selain tentunya sesuai dengan atensi Kapolda Metro Jaya. Kita ingin mendekatkan diri dengan masyarakat,” katanya didampingi Kasat Lantas AKBP Sutimin, Senin (22/9).

Ia menjelaskan, penempatan personel polisi bersenjata lengkap dihadirkan pada saat jam sibuk, yakni pagi dan sore hari.   “Setiap jam padat kita pasang anggota Brimob bersenjata api.”

Setiap harinya, personel bertugas di pos pantau mulai pukul 06.00 sampai 08.00 pada pagi hari serta pukul 16.00 hingga pukul 19.00 di sore harinya. Dari pantauan , pengaturan arus lalulintas menjadi agenda rutin mereka.

ANGKER

Tugas mengatur lalulintas juga tak jarang dilakukan anggota polisi yang memegang senjata berlaras  panjang. “Emang aman sih, penjahat bakalan mikir seribu kali kalau mau beraksi. Tapi kelihatan ‘angker’ juga kalau hampir di setiap jalan ada polisi bersenjata lengkap, kesannya Jakarta lagi gawat,” sebut Samuel, warga Kebayoran Baru, Jaksel.

Kehadiran pos pantau yang tersebar di sejumlah lokasi wilayah hukum Polda Metro Jaya, lengkap dengan personel polisi bersenjata merupakan gagasan Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono. Dalam keterangannya kepada wartawan, Kapolda menjelaskan penempatan Brimob bukan tanpa alasan. Mereka sengaja ditempatkan untuk mencegah tindak kriminal saat jam pulang kerja. 

0 komentar:

Posting Komentar