Senin, 22 September 2014

Benyamin S


Jalur - Seniman besar asal Jakarta Benyamin Sueb dikenal menyukai segala jenis musik, dari musik tradisional seperti gambang kromong hingga musik yang berasal dari barat, seperti musik rock. Kesukaan Ben, kepada musik rock ditunjukan saat dirinya memasukkan unsur musik rock dan blues ke dalam salah satu lagu ciptaannya.

Seperti dikutip 'Kompor Mleduk Benyamin S', di tahun 1973, Ben menciptakan lagu berjudul 'Digebukin'. Dalam lagu tersebut, Ben mencampur unsur gambang kromong dengan rock dan blues.

Menurut Ben dalam gambang kromong sendiri memang terdapat unsur blues. Sedangkan musik rock yang di masa itu sering disebut sebagai musik underground, kebetulan sedang laku keras di pasaran dan disukai oleh masyarakat.

"Gua ingin berasimilasi dengan musik underground."

Ben menegaskan, dimasukannya unsur rock dan blues ke dalam lagu 'Digebukin' bukan bagian dari meluaskan penggemarnya. Dia merasa jika banyak penyanyi lain yang memasukkan gambang kromong ke dalam musiknya.

Selain memasukkan unsur rock dan blues ke dalam musiknya, Ben juga mulai belajar menggunakan alat musik untuk memperluas referensi. Di tahun 1975, Ben mulai berlatih saxophone.

Eksistensi seniman kelahiran 1939 tersebut semakin diakui saat dirinya mendapat penghargaan sebagai seniman yang turut memajukan bahasa Betawi lewat musik. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin.

0 komentar:

Posting Komentar