Jumat, 05 September 2014

Inilah Para Jenderal Bakal Calon Menteri Pertahanan


Jakarta - Bursa calon Menteri Pertahanan di seleksimenteri.com diisi oleh 4 orang. Tiga orang di antaranya berpangkat jenderal baik yang aktif maupun sudah purnawirawan. Siapa saja mereka?

Jenderal pertama adalah Jenderal TNI (Purn.) Ryamizard Ryacudu (64). Dia pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) pada periode 2002-2005. Ryamizard sempat dijagokan sebagai calon wakil presiden untuk mendampingi Joko Widodo. Namun, akhirnya Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla.

Ada pula Letjen TNI (Purn.) Sjafrie Sjamsoeddin (62) yang saat ini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan. Sjafrie lulus dari Akabri pada tahun 1974 dan sempat menjabat sebagai Pangdam Jaya pada tahun 1997. Sjafrie juga pernah duduk di posisi Kapuspen TNI dan Sekjen Kementerian Pertahanan.

Calon ketiga yaitu Jenderal TNI Budiman (58) yang saat ini masih aktif dan akan memasuki masa pensiun pada bulan September 2014. Budiman menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat sejak 2013 hingga Juli 2014. Selama menjadi KSAD, Budiman menginisiasi program riset bersama universitas untuk mengembangkan alutsista milik TNI AD.

Selain 3 jenderal tersebut, ada pula calon Menteri Pertahanan yang berasal dari kalangan sipil. Dia adalah Deputi Kantor Transisi, Andi Widjajanto, S.Sos, M.Sc (43). Andi yang mengenyam pendidikan master di Industrial College of Armed Forces, Washington DC, Amerika Serikat ini pernah menjadi dosen di SESKO TNI AD. Selain itu, ia juga pernah menjadi anggota Task Force Pusat Studi Pemerintah Daerah (LOGOS) dan Task Force for Defense White Paper, SESKO TNI AD. Andi juga menjabat sebagai Direktur Ekonomi Pertahanan di Institut Pertahanan dan Studi Keamanan, Universitas Indonesia.

Keempatnya kini 'berlomba' untuk mendapatkan dukungan dari pembaca seleksimenteri.com. Siapa yang menurut anda paling hebat sehingga bisa menjadi calon Menteri Pertahanan? Klik di sini untuk mengikuti polling.
sumber:detik

0 komentar:

Posting Komentar