Jumat, 03 Oktober 2014

Polres Garut Wakili Indonesia Hadiri Konferensi Internasional di Amerika


Jalur - Bersama Mabes Polri, Polres Garut diundang untuk menghadiri International Police Chief of Conference, di Orlando, Negara Bagian Florida, Amerika Serikat, pertengahan Oktober 2014. Polres Garut menjadi satu-satunya perwakilan tingkat polres dari Indonesia untuk bergabung dengan sejumlah kepolisian dari negara-negara lain di dunia dalam kenferensi internasional tersebut.

Kapolres Garut, AKBP Arif Rachman, mengatakan hal ini dimulai dengan kerja sama dalam program dari Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, tiga bulan lalu. Komunikasi yang digencarkan Polres Garut dengan masyarakat dalam upaya menjaga kondusifitas wilayahnya menjadi sorotan khusus sehingga Polres Garut dinilai layak untuk ikut serta dalam konferensi yang diselenggarakan oleh International Association of Chiefs of Police tersebut.

Kabupaten Garut, kata Arif, merupakan salah satu daerah yang paling berpotensi mengalami kerusuhan. Namun, kata Arif, dengan pendekatan Accelerate Culture Transformation dan Asmaul Husna yang diterapkannya, pelaksanaan Pilbup 2013, Pileg 2014, dan Pilpres 2014, berlangsung dengan kondusif.

Padahal sebelumnya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) memetakan Kabupaten Garut sebagai daerah yang paling rawan mengalami pelanggaran pemilu pada Pilpres 2014, dengan Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) 4,3.

Selama ini di bawah komandonya, para anggota Polres Garut secara rutin mendapat pembinaan mengenai pendekatan Accelerate Culture Transformation atau teori mengenai percepatan perubahan kultur dan penerapannya. Asmaul Husna atau 99 Nama Allah pun kerap didengungkan dalam beberapa kegiatan, bahkan dibaca bersama untuk menghadapi para pengunjuk rasa.

"Selama tiga bulan ini pun kami melaksanakan pelatihan. Nanti di konferensi internasional itu, kami akan mempresentasikan dan membentuk diskusi grup bersama kepolisian negara-negara lain, bagaimana membina ketertiban dalam masyarakat, salah satunya dengan mengamalkan Asmaul Husna," kata Kapolres, Jumat (3/10)

Kapolres mengatakan sangat berterima kasih kepada warga Kabupaten Garut yang telah sama-sama menjaga kondusifitasnya selama ini, khususnya saat Pilbup 2013, Pileg 2014, dan Pilpres 2014. Dalam konferensi yang digelar selama seminggu itu, akan mengangkat nama baik Kabupaten Garut dan masyarakat Garut yang sudah membantu Polres Garut dalam menciptakan keamanan di daerahnya.

"Tanpa masyarakat Garut, kondusifitas di Garut tidak akan tercipta. Kami sangat berterima kasih kepada semua pihak karena telah menjaga kondusifitas di Garut," kata Kapolres.
sumber:kki

0 komentar:

Posting Komentar