Rabu, 08 Oktober 2014

ISIS Buka Lowongan Sebagai Wartawan

 
Jalur - Nama ISIS menjadi buah bibir dunia bukan cuma karena telah menguasai Suriah dan Irak, namun juga terkait dengan pemenggalan dua wartawan Amerika Serikat James Foley dan Stephen Sotloff, serta puluhan wartawan lokal. Bagaimanapun eksekusi itu tak menyurutkan semangat wartawan untuk mengabarkan secara langsung peristiwa yang melibatkan ISIS.

Dilansir dari Syria Deeply, wartawan tetap bisa melakukan kegiatannya meliput ISIS asalkan mengikuti panduan mereka.

Berikut 11 panduannya seperti yang dimuat di Deir Ezzor.
1. Koresponden harus bersumpah dan setia pada pemimpin ISIS Abu Bakr al-Baghdadi.
2. Siapapun yang meliput berada di bawah pengawasan divisi media ISIS.
3. Wartawan tetap bisa meliput langsung untuk kantor berita internasional seperti Reuters, AFP, dan AP tapi hasilnya dilarang disiarkan di saluran tv internasional dan lokal. Wartawan juga dilarang mengambil gambar atau melakukan wawancara secara ekslusif.
4. Wartawan dilarang bekerja dengan statsiun televisi yang masuk dalam daftar blacklist ISIS seperti Al-Arabiya, Al Jazeera, dan Orient. Setiap pelanggaran akan dimasukan dalam daftar blacklist.
5. Wartawan diperbolehkan meliput acara di kantor gubernur tanpa harus melaporkannya pada kantor media ISIS dengan syarat semua berita dan foto yang ditayangkan harus menyertakan nama peliput dan juru foto.
6. Wartawan dilarang mempublikasikan beritanya tanpa berkomunikasi dengan kantor media ISIS.
7. Setiap wartawan diperkenankan menggunakan media sosial untuk mewartakan berita dan fotonya namun kantor media ISIS juga harus punya akses terhadap akun medsos tersebut.
8. Wartawan harus mematuhi aturan soal pengambilan gambar dalam wilayah ISIS. Wartawan dilarang mengambil gambar lokasi atau kejadian yang masuk dalam area tersebut.
9. Kantor media ISIS akan menindaklanjuti setiap pekerjaan wartawan lokal yang masuk dalam wilayah ISIS.
10. Aturan ini belum final dan bisa berubah kapanpun tergantung dari hasil kerja sama wartawan dan komitmennya terhadap ISIS.
11. Wartawan akan diberikan tanda pengenal untuk melakukan tugasnya setelah memenuhi persyaratan di kantor media ISIS.

0 komentar:

Posting Komentar