Selasa, 21 Oktober 2014

2 Jenderal Polisi Diduga Masuk Kabinet Jokowi

 
Jalur - Sejumlah nama calon menteri beredar. Kabarnya nama calon menteri itu sudah disodorkan Jokowi ke PPATK dan KPK. Nah, dalam daftar itu ada dua nama jenderal polisi aktif. Siapa mereka?

dua nama jenderal aktif Polri digadang-gadang masuk dalam kabinet Jokowi adalah Komjen Budi Gunawan dan Irjen Syafrudin.

Komjen Budi Gunawan adalah lulusan Akademi Kepolisian terbaik 1983. Sehingga dia dianugerahi penghargaan Adhi Makayasa. Jenderal dengan tiga bintang dipundaknya ini saat ini mengemban amanah sebagai Kepala Lembaga Pendidikan (Kalemdik) Polri yang berada di Ciputat.

Catatan kepolisian, jenderal kelahiran 1959 dan akrab dengan kumis tebalnya ini selalu meraih peringkat satu di setiap pendidikan Polri. Budi juga tercatat telah memegang dua kepemimpinan di tingkat daerah, yaitu Kapolda Jambi dan Bali, serta beberapa jabatan lain seperti Kadiv Pembinaan Hukum, Kadiv Propam, serta Kepala Selapa Polri.

Saat berpangkat melati tiga atau Komisaris Besar (Kombes), dia dipercaya untuk menjadi ajudan Megawati (2001-2004). Namanya pernah dikait-kaitkan dalam pemberitaan soal rekening gendut kepolisian. Terkait ini, Polri menyatakan tidak ada yang menyimpang dalam rekening sang jenderal yang bernilai puluhan miliar itu. Budi Gunawan juga sudah membantah soal rekening gendut itu.

Terakhir, adalah pertemuannya dengan komisioner KPU Hadar Gumar serta Trimedya Panjaitan saat momen Pilpres. Kubu Prabowo-Hatta saat itu mempermasalahkan pertemuan tersebut. Mereka berprasangka ada agenda di pertemuan di restoran di Menteng. Budi juga sudah mengklarifikasi dan membantah hal ini dan mengatakan bahwa pertemuan adalah suatu ketidaksengajaan.

Lalu, mengenai sosok Irjen Syafrudin saat ini menjabat Kadiv Propam Polri. Pria asal Sulawesi Selatan ini dikenal irit bicara di kalangan wartawan yang biasa meliput di Mabes Polri.

0 komentar:

Posting Komentar