Minggu, 28 Juli 2013

32 SPBU Khusus Motor di Jalur Mudik


Jakarta - Satuan Petugas Pengamanan Pasokan BBM Idul Fitri 2013 Region III menyiapkan 32 stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) khusus bagi pemudik yang menggunakan sepeda motor. Cara ini diharapkan bisa mengurangi macet akibat menumpuknya sepeda motor di SPBU-SPBU.

"Seperti tahun lalu, kemacetan parah dan sulitnya mobil tangki masuk ke SPBU karena SPBU dipenuhi sepeda motor," kata General Manager Fuel Retail Marketing Pertamina Region III, Hasto Wibowo dalam acara Sahur On The Road di Terminal BBM Plumpang, Ahad, 28 Juli 2013.

Hasto menjelaskan, 32 titik SPBU khusus sepeda motor ini bukanlah SPBU baru, melainkan hanya switching penggunaan. "Kalau kondisi normal SPBU ini melayani mobil dan motor, tapi Satgas Lebaran men-switching khusus untuk motor," ujar dia. Ia menyebutkan, 32 titik SPBU khusus motor ini akan tersebar di wilayah Indramayu, wilayah Cirebon, wilayah Karawang, wilayah Subang, wilayah Bogor, dan Bekasi.

Ia memprediksi, kebutuhan BBM di region III bakal mengalami kenaikan yang cukup signifikan dari rata-rata penyaluran harian, yakni sebesar 23.638 kiloliter untuk premium dan 10.023 kiloliter untuk solar.

Estimasi konsumsi premium tertinggi bakal terjadi pada lima hari sebelum Lebaran, yakni mencapai 29 persen dari penyaluran harian normal atau mencapai sebesar 30.869 kiloliter. Sementara pada arus balik, konsumsi premium tertinggi diprediksi bakal terjadi pada dua hari setelah Lebaran mencapai 13 persen dari penyaluran normal atau sebesar 27.010 kiloliter.

Adapun untuk penyaluran solar justru diprediksi bakal menurun akibat pelarangan beroperasinya truk-truk besar mulai empat hari sebelum lebaran hingga satu hari setelah Lebaran. Satgas menghitung, penurunan diestimasikan sebesar 75 persen dari penyaluran normal atau sebesar 2.474 kiloliter pada hari kedua Lebaran.

0 komentar:

Posting Komentar