Minggu, 21 Juli 2013

Sebab Kejahatan Marak di Ibu Kota Jakarta


Jakarta - Daerah-daerah di sekitar Jakarta, seperti Kabupaten Bekasi, Kota Bekasi serta Depok kini sering dijadikan sasaran para pelaku kejahatan untuk melakukan aksinya.

Dalam beberapa minggu terakhir, di wilayah Bekasi sudah tiga kali terjadi perampokan. Bahkan, di Depok satu orang prajurit Kostrad menjadi korban penembakan oleh orang yang coba mencuri motornya. Sang prajurit yang tertembak sebanyak dua kali itu harus mendapatkan perawatan di RSPAD.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Polisi Rikwanto, Minggu 21 Juli 2013, mengatakan ada berbagai alasan mengapa para pelaku memilih beraksi di daerah pinggiran Jakarta.

"Salah satunya ya karena gampang melarikan diri ke luar kota," jelasnya.

Rikwanto menambahkan, tidak terpantaunya sejumlah kontrakan dan kos-kosan di daerah pinggiran, dimanfaatkan para pelaku kejahatan untuk bersembunyi.

Selain itu, menurut Rikwanto, daerah pinggiran Jakarta merupakan daerah yang sedang berkembang. Perputaran uang yang besar, transaksi cukup banyak, dan sasarannya lebih banyak menjadi alasan kenapa para pelaku kejahatan lebih memilih beraksi di daerah pinggiran.

"Rata-rata masyarakat di daerah pinggiran masih merasa aman-aman saja membawa uang banyak untuk disetorkan ke bank atau diambil. Padahal mereka tidak sadar sedang diamati pelaku. Mereka masih merasa aman-aman saja. Kami imbau mulai saat ini agar warga yang berada di wilayah tepi Jakarta lebih waspada," ungkap Rikwanto.

0 komentar:

Posting Komentar