Rabu, 16 April 2014

Terbongkar Proyek Pelindo II Bernilai puluhan miliar

Jakarta - Juru Bicara (Jubir) KPK Johan Budi SP mengatakan, nilai proyek pengadaan di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II yang tengah diselidiki KPK, nilainya puluhan miliar rupiah.

"Nilainya puluhan miliar," kata Johan Budi di Gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Kuningan, Jakarta, Selasa (15/4/2014).

Salah satu proyek yang diselidiki KPK berupa pengadaan Quay Container Crane (QCC) di beberapa dermaga tahun anggaran 2010. Hari ini KPK memanggil Dirut PT Pelindo II Richard Joost Lino dimintai keterangan dalam penyelidikan proyek tersebut.

Johan Budi menjelaskan, Richard Joost Lino diperiksa terkait penyelidikan pengadaan crane di beberapa dermaga tahun anggaran 2010. "Penyelidikan KPK mengenai pengadaan crane di beberapa dermaga tahun anggarannya 2010. Penyelidikan dimulai kemungkinan akhir tahun lalu," ucap Johan.

Seperti diketahui, proyek pengadaan di PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II mulai diselidiki oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). KPK pun mulai meminta keterangan dari sejumlah pihak yang dianggap mengetahui.

Kasus ini bermula saat Serikat Pekerja Pelindo II melaporkan manajemen Pelindo kepada KPK. Serikat Pekerja melaporkan antara lain pengadaan dua unit QCC untuk Pelabuhan Tanjung Priok yang dialihkan ke Pelabuhan Palembang dan Pontianak.