Selasa, 29 April 2014

Barack Obama Saksikan Wali Kota Ukraina Ditembak

 
International  - Wali Kota kota kedua terbesar di Ukraina Kharkiv, Hennady Kernes ditembak. Penembakan Kernes terjadi bertepatan dengan direbutnya beberapa gedung pemerintahan oleh Demonstran Pro Rusia.

Menurut keterangan dari rumah sakit yang merawat Hermes, Wali Kota Kharkiv tersebut ditembak di bagian punggung. Saat ini tim medis tengah melakukan operasi untuk menyelamatkan hidup Kernes.

Penembakan terjadi ketika Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama menjanjikan menerapkan sanksi baru kepada sejumlah individu asal Rusia. AS menuduh beberapa individu asal Rusia dengan sengaja menyulut kerusuhan di Timur Ukraina.

Dilansir dari Al Jazeera, Selasa (29/4/2014), Kernes dikenal sebagai salah satu penentang gerakan pro barat. Gerakan tersebut berhasil menumbangkan Presiden Viktor Yanukovych pada Februari lalu.

Namun, belakangan sikap Kernes mulai melunak terhadap pemerintahan di Kiev. Dia juga menyatakan tidak pernah mendukung gerakan pro-Rusia atau aneksasi wilayah Ukrina.

Belum bisa dipastikan siapa pelaku penembakan Kernes. Namun, situasi di Kharkiv yang masih memanas serta tuduhan Pemerintah Ukraina dan Barat mengarah kepada kelompok pro-Rusia.