Jumat, 29 Agustus 2014

Diduga Rusia Terlibat Dalam Perang Ukraina


Jalur - Amerika Serikat (AS) pada Kamis (28/8/2014) menuduh Rusia terlibat langsung dalam perang di Ukraina timur. Tuduhan itu muncul setelah pasukan separatis merebut wilayah dan memukul mundur pasukan Ukraina.

”Ada peningkatan jumlah pasukan Rusia yang melakukan intervensi langsung dalam pertempuran di wilayah Ukraina,” tulis Duta Besar AS untuk Kiev,  Geoffrey Pyatt di akun Twitter-nya.

”Rusia juga telah mengirimkan sistem pertahanan udara terbarunya termasuk SA-22 ke Ukraina timur, dan sekarang terlibat langsung dalam pertempuran,” lanjut Pyatt.

Pemerintah Ukraina yang mulai kewalahan sedang meminta bantuan Pakta Pertahanan Atlantik Utara atau NATO.

Perdana Menteri Polandia, Donald Tusk, mengatakan NATO dan intelijen Polandia memiliki bukti bahwa unit tentara Rusia beroperasi di Ukraina.

Sebelumnya,  Wakil Komandan Batalyon Donbas Ukraina, Mykhailo Lysenko, membenarkan, bahwa telah terjadi pertempuran di wilayah yang hanya berjarak 20 km dari perbatasan Rusia.

Pertempuran terjadi setelah tank-tank tempur yang dia sebut dari Rusia bermunculan untuk mendukung separatis di Ukraina timur.”Ini adalah invasi besar-besaran," kata Lysenko, mengacu pada pertempuran tersebut, seperti dikutip CNN.

Rusia hingga kini menepis terlibat perang di Ukraina. Padahal, Ukraina telah membuktikannya dengan menangkap para tentara Rusia yang ketahuan memasuki wilayah Ukraina.
sumber:sindo

0 komentar:

Posting Komentar