Senin, 18 Agustus 2014

Jalur Pendakian Gunung Lawu Ditutup


Jalur - Pasca kebakaran yang terjadi di sejumlah titik yang ada di gunung Lawu, pihak Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan Lawu dan sekitarnya (KPH Lawu Ds), menutup jalur pendakian di gunung tersebut.

"Kebakaran hutan terjadi sejak Sabtu (16/8/2014) malam. Untuk titik kebakaran terdapat di petak 73, RPH Sarangan, BKPH Lawu Selatan, KPH Lawu Ds. Atau tepatnya di Pos 5 jalur pendakian jadi untuk sementara jalur pendakian kita tutup," ujar Asper BKPH Lawu selatan, KPH Lawu Ds, Marwoto, Senin (18/9/2014).

Menurut dia, penutupan jalur pendakian tersebut berlaku baik untuk jalur pendakian yang melalui pintu Cemoro Sewu di Plaosan, Kabupaten Magetan, maupun pintu Cemoro Kandang yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

"Jalur pendakian ditutup hingga batas waktu yang belum ditentukan. Hal itu demi keselamatan para pendaki sendiri. Dan saat seperti ini memang banyak pendaki yang memadati gunung lawu untuk merayakan HUT RI di puncak," ucapnya.

Marwoto mengatakan, hingga kini pihaknya dan para terkait lain masih berupaya untuk memadamkan kebakaran hutan. Cuaca yang kering dan panas membuat api dengan cepat menjalar."Kami sejak semalam sudah berupaya memadamkam api, namun sulit. Hal itu karena kondisi yang gelap dan lokasi kebakaran cukup curam," katanya.

Hingga kini Perhutani KPH Lawu Ds belum dapat memastikan luasan hutan yang terbakar. Pihaknya masih menangani masalah tersebut lebih lanjut.

0 komentar:

Posting Komentar