Minggu, 15 Desember 2013

Rencana China Bangun Sarana PON 2020 di Papua

 
Nusantara - Metallurgical Corporation of China Limited-China 22MCC Group Corporation Ltd. (MCC), BUMN RRT yang tergabung ke dalam Fortune Global 500 Company menyatakan minatnya untuk membangun sarana olahraga PON 2020 di Papua. Keinginan ini disampaikan Chairman of the Board MCC, Yulong Li, sembari menyambut Dubes RI Beijing ke kota Tangshan, 160 km di sebelah timur kota Beijing.

Mengingat kesuksesan penyelenggaraan Asian Games dan Olimpiade di Beijing tahun 2008, Dubes RI Beijing, Imron Cotan, menyambut baik keinginan MCC apabila berminat untuk turut membangun sarana olahraga untuk PON di Papua.

"Propinsi Papua merupakan propinsi dengan wilayah yang luas dan memiliki sumber alam yang besar dan kaya".

Daerah ini juga diproyeksikan oleh pemerintah RI menjadi salah satu daerah industri pertanian khususnya lumbung pangan, yang diharapkan mampu mensuplai bahan makanan ke wilayah Indonesia lainnya.

Guna merealisasikan hal tersebut dan mempercepat pembangunan di Papua, Pemerintah RI telah memutuskan penyelenggaraan PON tahun 2020 di Papua.

"Untuk itu, keinginan MCC berpartisipasi dalam pembangunan sarana olahraga dalam PON tahun 2020 di Papua kepada Pemerintah RI dan Pemerintah Provinsi Papua pada kesempatan pertama", tutur Dubes Imron.