Selasa, 24 Desember 2013

Minggu Ini Tol Kebon Jeruk-Ciledug Akan di Resmikan

 
Jakarta - Juru bicara Kementerian Pekerjaan Umum Danis Sumadilaga mengatakan ruas tol Kebon Jeruk-Ciledug sudah siap beroperasi Desember 2013.  "Rencananya akan diresmikan Jumat, 27 Desember 2013, jam 9 pagi," kata Danis, Selasa 24/12.

Usai diresmikan, Jalan Tol Outer Ring Road West II Utara ruas Kebon Jeruk sampai Ciledug sudah bisa digunakan. Menurut Danis, tarif tol yang akan berlaku di ruas tol tersebut akan diumumkan bersamaan dengan acara peresmian. "Kelengkapan fisik sudah lengkap, baik lampu maupun rambu," kata Danis.

Sebenarnya, jalan tol ini total panjangnya 7,67 kilometer. Namun baru terbangun sepanjang 5,6 kilometer hingga Ciledug, sisa sepanjang 2,07 kilometer masih belum selesai. Ruas jalan yang menghubungkan Ulujami dengan Ciledug masih dalam proses pembayaran untuk pembebasan lahan. (Baca: Tol JORR W2 Utara Siap Dilanjutkan dan Kesepakatan Pembebasan Lahan JORR W2 Tercapai)

Jika seluruh proyek tol ini sudah jadi, diperkirakan bakal mengurangi kemacetan di tol dalam kota hingga 25 persen. Sebabnya, perjalanan yang biasa melewati pusat kota dialihkan melalui pinggang kota. Kepadatan di tol dalam kota, seperti Cawang dan Tomang bisa terurai karena kendaraan-kendaraan memiliki jalan alternatif melalui pinggiran kota. Selain itu, bagi warga di selatan Jakarta, seperti Ulujami atau Ciledug, yang menuju Kebon Jeruk atau Bandara bisa melalui tol ini. Pengendara dari arah Selatan dan Barat Jakarta pun bisa masuk melalui Ciledug atau Joglo.