Selasa, 24 Desember 2013

Ko Gitu: KPK Mulai Jadikan Penampungan Barang Sitaan

 
Jakarta - Sebagian lahan parkir Komisi Pemberantasan Korupsi kini tampak seperti ruang pamer sepeda motor bekas. Pasalnya, sejak dinihari tadi, Selasa, 24 Desember 2013, 31 unit sepeda motor terparkir rapi di salah satu sudut parkiran gedung. Kuda-kuda besi itu disita KPK dari penguasaan Muhtar Ependy di Cempaka Putih.

"Penyitaan itu terkait pencucian uang dengan tersangka AM (Akil Mochtar)," kata juru bicara KPK Johan Budi melalui pesan pendek, Senin malam lalu.

Dikelilingi pita merah berlogo KPK, beragam jenis motor itu kini teronggok lahan parkir. Mayoritas adalah motor bebek, mulai dari Honda Beat, Honda Blade, Honda Supra, Suzuki Smash, Yamaha Mio, hingga Yamaha Jupiter. Ada pula motor Honda GL Pro dan Bajaj Pulsar.

Namun, kondisi motor-motor itu tak terawat. Joknya kotor, begitu pula bannya. Kebanyakan tak dilengkapi kaca spion, kecuali lima dari 31 motor tersebut. Sejumlah kunci kontak motor menggantung, tak dilepas.

Sebelumnya, KPK juga telah menyita lebih dari 30 mobil terkait kasus yang sama. Mayoritas mobil sitaan tersebut kini ikut menyesaki lahan parkir KPK. Kendaraan-kendaraan bermotor itu diduga berkaitan dengan pencucian uang yang disangkakan kepada Akil.

Muhtar Ependy diduga adalah tangan kanan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Akil Mochtar. Ia juga ditengarai berperan dalam kasus suap yang kini membuat Akil meringkuk di tahanan KPK. Namun, saat diperiksa pada 2 Desember lalu, Muhtar membantah membantu Akil dalam perkara suap. 

"Saya kenal Akil karena sejak 2007 dia memesan atribut kampanye ke saya. Jadi, perlu saya tegaskan saya bukan operator suap," kata Muhtar.
sumber:kontan