Selasa, 04 Maret 2014

Rencana Pendidikan; Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK)

 
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menggelar Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) di Jakarta, pada 5-7 Maret 2014. Dijadwalkan Wapres RI Boediono membuka secara resmi kegiatan yang melibatkan 1000 peserta dari berbagai wilayah dan lintas sector tersebut.

Sekjen Kemendikbud Ainun Na’im menjelaskan RNPK 2014 focus pada dua persoalan pokok yakni evaluasi capaian pembangunan pendidikan dan kebudayaan yang terkait dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2010-2014 dan penuntasan implementasi Kurikulum 2013.

“Di samping itu pula, tentu masih ada sejumlah topik yang akan dibahas dalam RNPK,” kata Ainun.

Ia menjelaskan, evaluasi capaian pembangunan pendidikan dan kebudayaan selama lima tahun terakhir ini akan menjadi dasar bagi penyusunan RPJMN bidang pendidikan dan kebudayaan untuk lima tahun mendatang.

Oleh karena itu, diskusi mengenai topik ini sangat penting karena menyangkut rencana pembangunan pendidikan dan kebudayaan di masa mendatang. Selain itu, pada topik kedua tentang penuntasan implementasi Kurikulum 2013, Kemdikbud berharap pelaksanaan program tersebut dapat berlangsung baik dan lancar.

Diluar evaluasi program pembangunan pendidikan dan implementasi kurikulum 2013, topik tentang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) masih menjadi bahasan rutin dalam agenda RNPK. Hal ini mengingat, pentingnya pendidikan bagi anak-anak usia dini dengan usia emasnya. Selain itu, pembahasan tentang kualitas pendataan pendidikan, meliputi data satuan pendidikan, peserta didik, dan pendidik serta tenaga kependidikan

0 komentar:

Posting Komentar