Kamis, 27 Maret 2014

Kelud Sudah?.. Kini Merapi Yang Semburkan Asap Tebal

Jateng - Warga lereng Merapi di wilayah kawasan rawan bencana di Kecamatan Kemalang, Klaten, Jawa Tengah siang ini masih dilanda kepanikan. Pasalnya, Gunung Merapi bergemuruh dan disusul luncuran asap tebal berwarna hitam yang terjadi sekitar pukul 13.05 WIB siang tadi. Asap tebal membumbung tinggi dari arah puncak Merapi dan membuat kawasan lereng Merapi di Kecamatan Kemalang diguyur hujan abu cukup tebal dan pekat disertai hujan kerikil.

Aroma belerang cukup menyengat dan mengganggu pernafasan dan penglihatan seiring dengan peristiwa tersebut.

Kondisi terparah melanda tiga desa di daerah rawan bencana Merapi, yakni di Desa Sidorejo, Tegalmulyo dan Balerante. Di kawasan ini jarak pandang sangat terbatas, yakni hanya tiga sampai dengan 5 meter saja.
Cuaca di lokasi juga cukup gelap pasca diguyur hujan abu yang disertai kerikil dari Gunung Merapi.

Sejak dua jam yang lalu, warga lereng Merapi yang berjumlah sekitar tujuh ribuan jiwa telah bersiap untuk mengungsi. Mereka berasal dari kawasan rawan bencana tiga. Proses evakuasi terhadap warga telah dilakukan baik oleh warga sendiri maupun oleh pihak BPBD Klaten yang saat ini sedang menuju ke lokasi untuk membantu evakuasi warga. Warga telah siap-siap untuk dievakuasi dengan berkumpul di tepi jalan raya untuk memudahkan proses evakuasi.

Para pengungsi tersebut akan diarahkan ke tiga titik posko pengungsi yang telah dipersiapkan BPBD, yakni Balai Desa Dompol, Kantor Kecamatan Kemalang dan Balai Desa Kepurun, Kecamatan Manisrenggo. Ke tiga lokasi pengungsian itu cukup aman karena berjarak sekitar 12 hingga 15 kilometer dengan puncak Merapi dan tidak terkena dampak hujan Merapi.

0 komentar:

Posting Komentar