Rabu, 01 Mei 2013

Wisata 10 Penjara Tua di Dunia



International - Setiap negara memiliki sederet objek wisata bersejarah yang mampu menarik antusias wisatawan, baik lokal maupun internasional. Selain museum, bangunan bersejarah yang dapat dikunjungi wisatawan yakni penjara. Saat ini terdapat sepuluh penjara di dunia yang baru dibuka untuk umum sebagai objek wisata. Berikut daftarnya seperti dilansir laman CNN.
1. Eastern State Penitentiary, Amerika Serikat

Sejak dibuka tahun 1829, Eastern State Penitentiary di Philadelphia terkenal dengan sistemnya yang kontroversial, yakni sel isolasi total. Setelah kunjungannya pada tahun 1842, Charles Dickens pun menulis, "Sistem penjara ini sangat kaku, ketat dan membuat narapidana putus asa. Saya percaya sistem ini begitu kejam dan salah."
Penjara tersebut kemudian ditutup pada tahun 1970 dan menjadi daya tarik wisata utama di Philadelphia. Saat ini, penjara itu juga menyediakan wisata tur audio. Para wisatawan dapat menjelajah ke seluruh sudut penjara ini yang konon disebut berhantu.

2. Kilmainham Gaol, Irlandia

Ketika dibuka pada tahun 1796, Dublin Kilmainham Gaol berfungsi sebagai penjara tempat dikurungnya para tahanan umum. Tapi seiring waktu, tempat itu menjadi simbol nasionalisme Irlandia karena begitu banyak masyarakat yang memberontak melawan pemerintahan Inggris dipenjara dan dieksekusi di sini. Termasuk mereka yang terlibat dalam pemberontakan dan perang tahun 1916, 1919 hingga 1921 dan 1922 sampai 1924. 
Orang terakhir yang bebas dari penjara ini pada tahun 1924 adalah Eamon de Valera, yang kemudian menjadi Perdana Menteri Irlandia. Saat ini, para wisatawan yang berkunjung ke sana dapat menjelajah penjara ini dipandu dengan pemandu wisata. Tersedia pula pertunjukan audio visual.

3. Port Arthur, Australia

Penjara yang satu ini telah diresmikan oleh UNESCO sebagai situs bersejarah dunia, di mana penjara kolonial dioperasikan di pulau Tasmania dari tahun 1830 sampai 1877. Saat ini, para wisatawan yang ingin berkunjung harus menaiki perahu wisata untuk pergi ke Isle of the Dead. 
Di penjara ini, pengunjung bisa merasakan pengalaman investigasi paranormal dengan menggunakan peralatan uji profesional untuk mendeteksi keberadaan hantu dan aktivitas paranormal lainnya.

4. Hostel Celica, Slovenia

Penjara yang menyeramkan ini telah direnovasi menjadi objek wisata unik sekaligus hotel yang menyediakan penginapan bagi para wisatawan di dalam sel penjara. Bekas penjara militer di Ljubljana, Slovenia ini, menjadi bangunan berwarna-warni yang dinamakan Hostel Celica, di mana 20 sel telah disulap menjadi kamar inap oleh para seniman.

5. Robben Island, Afrika Selatan

Di lepas pantai Cape Town, terdapat pulau yang dinamakan Robben Island yang telah digunakan sebagai sebuah penjara dengan keamanan maksimum yang berisi para tahanan politik, terutama aktivis anti-apartheid.
Salah seorang yang pernah mendiami sel di penjara ini ialah Nelson Mandela. Seperti diketahui Mandela menghabiskan 18 dari 27 tahun masa penjara di sana.  Robben Island terdaftar sebagai situs warisan bersejarah dunia UNESCO karena menjadi saksi kemenangan demokrasi dan kebebasan atas penindasan dan rasisme.
Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pulau ini harus mengikuti tur dan menaiki kapal feri selama tiga setengah jam. Sesampainya di sana, Anda akan diajak mengelilingi pulau bersama pemandu wisata yang merupakan mantan tahanan politik setempat.

0 komentar:

Posting Komentar