Rabu, 01 Mei 2013

Demo May Day Kurangi Kemacetan 30%


Polda: Demo Serentak May Day Kurangi Kemacetan 30%
Jakarta : Demonstrasi memeringati Hari Buruh Sedunia atau May Day yang digelar serentak ratusan ribu buruh di Jakarta mengakibatkan sejumlah ruas jalan utama dialihkan. Para pendemo memadati jalanan Ibukota dengan cara berjalan kaki atau long march dari Bundaran Hotel Indonesia menuju Istana Merdeka, Jakarta Pusat. Sebagian lagi terkosentrasi di depan Gedung DPR, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

Meski demonstrasi itu mengakibatkan arus lalu lintas lumpuh, Polda Metro Jaya menyatakan kemacetan akibat May Day malah berkurang hingga 30 persen. Hal ini disebabkan, masyarakat memilih mengunakan kendaraan umum ketimbang mobil pribadi.

"Kebanyakan masyarakat yang berangkat kerja menggunakan angkutan umum,"Kata Wakil Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya AKBP Sambodo Purnomo di Jakarta, Rabu (1/5/2013).

Ia menjelaskan, arus lalu lintas pada jam sibuk pada pukul 07.00 - 10.00 WIB tidak terjadi kepadatan pada sejumlah ruas jalan di Jakarta. Seperti di Jalan Sudirman sekitar Bundaran Hotel Indonesia.

Pada hari biasa, Polda Metro Jaya mencatat sebanyak 700.000 unit kendaraan bermotor masuk ke Jakarta dari berbagai daerah penyangga Jabodetabek pada saat hari kerja, sehingga terjadi kepadatan arus lalu lintas. Selain itu, jumlah pertambahan kendaraan tidak sebanding pertumbuhan ruas jalan. Sehingga memperparah kemacetan arus lalulintas di Jakarta.

Saat ini, panjang jalan di Jakarta mencapai 7.650 km dan luas jalan sekitar 40,1 km atau 0,26% dari luas wilayah DKI dengan pertumbuhan sebesar 0,01 persen.

0 komentar:

Posting Komentar