Jumat, 10 Mei 2013

Akan Ada Festival Pesta Rakyat Kota Tua

 
Jakarta - Untuk meningkatkan jumlah pengunjung ke kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Pemprov DKI Jakarta bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) akan menggelar pesta rakyat di kawasan peninggalan zaman kolonial Belanda. Sebagai langkah awal, kedua instansi tersebut akan menggelar Kota Tua Kreatif Festival.

Menteri Parekraf, Mari Elka Pangestu mengatakan, pesta rakyat akan digelar di kawasan Kota Tua selama tiga pekan. Langkah ini untuk menarik lebih banyak jumlah pengunjung. "Kita sepakat membuat acara di Museum Fatahillah di bulan Agustus-September. Yang penting bukan kita membuat festival, tapi menarik kembali pengunjung ke Kota Tua," ujar Mari, di Balaikota DKI Jakarta, Jumat (10/5).

Beberbagai kreatifitas dan budaya akan dipamerkan dalam kegiatan itu seperti, kuliner, fashion, seni musik dan sebagainya. "Intinya selama tiga minggu kita akan bikin acara pesta rakyat untuk merayakan kreatifitas. Museum-museum di sekitar situ juga akan bikin acara khusus," katanya.

Sebagai upaya pengembangan Kota Tua, kata Mari, pihaknya berencana memperpanjang waktu kunjungan museum. Dari semula hanya buka hingga pukul 15.00 akan diperpanjang hingga pukul 23.00. "Kan sekarang jam 3 sore sudah tutup. Minimal pada hari Sabtu dan Minggu bisa buka sampai malam," katanya.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo mengaku, kegiatan ini merupakan langkah awal untuk menghidupkan lagi Kota Tua. Sehingga sebelum terbentuknya badan otoritas sebagai pengelola, terlebih dahulu diisi dengan kegiatan-kegiatan yang bersifat kebudayaan. "Kita ingin memulai mengisi dengan kegiatan-kegiatan yeng bisa dilihat dinikmati masyarakat," kata Jokowi.

Meski begitu, diakui Jokowi, kesulitan yang dihadapi dalam merevitalisasi Kota Tua yakni soal koordinasi. Terlebih, kawasan yang harus ditata luasnya mencapai 800 hektar.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Arie Budhiman mengatakan, kegiatan ini tidak menggunakan dana dari APBD DKI Jakarta, melainkan dari para sponsor yang juga ikut memeriahkan acara. "Kegiatan ini untuk mengaktivasi Kota Tua dan akan diikuti oleh para stakeholder," kata Arie.

0 komentar:

Posting Komentar