Kamis, 21 November 2013

Rencana Akan Ada Monorel di Surabaya

 
Jakarta - Nantinya, Surabaya akan miliki Monorel Baru, karena tidak mau kalah saing dengan di Jakarta. sebut "Walikota Surabaya Tri Rismaharini"

Menyampaikan kalau akan ada rencana pembangunan jaringan monorel di Surabaya. Sebut saja transportasi massal dan cepat berbasis rel itu menjadi satu diantara resep mengatasi problem kemacetan di kota itu saat ini.

"Rencananya itu terlontar dalam lokakarya transportasi perkotaan di kantor Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional, Rabu, 20/1113.

"Surabaya akan membangun angkutan publik monorel sepanjang 23 kilometer untuk daerah perbatasan," katanya tambahnya lagi

Selain monorel, angkutan publik yang akan diadakan adalah jenis tramp untuk pusat Kota Surabaya. Kalau monorel ditaksir butuh Rp 6 triliun, moda tramp dirancang dengan anggaran Rp 2 triliun. Tambah Risma.

Langkah lain yang dilakukan oleh Risma adalah menambah akses masuk Surabaya. Saat ini dari arah selaatan, hanya ada satu akses masuk, untuk itu, demi mengurai kemacetan Risma mengatakan akan menambah enam akses masuk serta pembangunan jalan lingkar luar.

Terobosan lain yang disiapkan Risma adalah program Park and Ride. Nantinya akan dibangun taman yang juga tempat parkir sepeda yang terhubung langsung dengan angkutan masal.