Sabtu, 23 November 2013

KPK Periksa Wapres Boediono di Istana

Jakarta - Politisi Partai Golkar Bambang Seosatyo mengungkap, secara diam-diam  Satgas Kasus Century (penyidik) KPK melakukan pemeriksaan terhadap Wakil Presiden Boediono. Pemeriksaan dilakukan  terkait penyidikan kasus Bank Century pada hari ini,Sabtu (23/11/13).di kantor Istana Wakil Presiden.

Dikatakan, pemeriksaan yang dilakukan tidak lazim karena dilakukan bukan di kantor KPK sebagaimana lazimnya dilakukan penyidik terhadap saksi. Misalnya, kata Bambang,  seperti pemeriksaan terhadap mantan wapres Jusuf Kalla sebelumnya.

"Sebagai anggota Timwas Kasus Century, saya berpendapat pemeriksaan Boediono oleh KPK di kantor Istana Wapres hari ini,  menimbulkan tanda tanya dan diskriminasi. Sehingga semakin menguatkan kesan publik bahwa KPK mengistimewakan Boediono. Padahal, setiap warga negara sama kedudukannya di hadapan hukum," sindir Bambang Soesatyo.

Hal lain yang menurutnya adalah Boediono dan Dewan Gubernur BI yang lain tidak bisa lepas dari tanggung jawab. Mengingat kasus ini sudah ditelanjangi depan di publik.

"Tidak ada lagi yang bisa ditutupi. Jadi, sudah sepatutnya pemeriksaan terhadap Boediono lebih diintensifkan dan segera dituntaskan. Agar tidak menyandera KPK dan pemerintahan yang sebentar lagi akan berakhir," ujarnya.

Ia berharap kasus ini bisa tutup buku sebelum masa kerja DPR periode ini berakhir. "Agar tidak menjadi beban dan menjadi persoalan politik baru pada pemerintahan yang akan datang," tegas Bambang Soesatyo.
Dari informasi yang dihimpun Tribun, penyidik KPK akan melakukan pemeriksaan terhadap Wakil Presiden Boediono di Istana Wapres siang ini.

Sementara Juru Bicara KPK Johan Budi yang dikonfirmasi memastikan, para pimpinan KPK akan secara resmi memberikan penjelasan terkait pemeriksaan yang dilakukan oleh Wapres Boediono pada hari Senin (25/11/13).