Sabtu, 21 Maret 2015

Barisan Konvoi Polisi diserang di Meksiko


Jalur - Sepuluh orang tewas dalam baku tembak di barat Meksiko saat terduga anggota geng menyerang konvoi polisi.

Insiden itu menjadi salah satu serangan paling mematikan terhadap pasukan keamanan sejak Presiden Meksiko Enrique Pena Nieto menjabat pada Desember 2012.

Lima polisi militer Meksiko terbunuh dalam penembakan yang terjadi Kamis (19/3) malam di Ocotlan, negara bagian Jalisco, dan delapan orang lainnya mengalami luka-luka, kata Komisi Keamanan Nasional dalam pernyataannya, Jumat (20/3).

Dua orang yang sedang melintas dekat kejadian dan tidak terkait sama sekali dengan penyergapan itu serta tiga terduga anggota geng juga ikut tewas. Unit polisi militer sedang berpatroli di kota tenggara Guadalajara saat insiden terjadi.

Setidaknya 10 kendaraan terlibat dalam serangan terhadap polisi ini di mana sekelompok penyerang menembakkan senapan berkekuatan tinggi sebelum mereka akhirnya diserang balik.

Beberapa penyerang kemudian melarikan diri. Polisi menyita tujuh senjata api dan empat granat di tempat kejadian serta lima kendaraan yang diyakini milik penyerang.

Negara bagian Jalisco telah dikenal dengan bentrokan yang kerap terjadi antara kartel narkoba Generasi Baru Jalisco dan the Knights Templar, geng narkoba dari negara tetangga Michoacan yang mulai melemah sejak adanya penangkapan dan pembunuhan terhadap para pemimpinnya.

Lebih dari 100.000 orang tewas dalam kekerasan geng di Meksiko selama delapan tahun terakhir.

Membawa kedamaian di Meksiko adalah janji pertama Presiden Enrique Pena Nieto saat dilantik pada 2012. Polisi militer akhirnya dibentuk sebagai ujung tombak upaya pemerintah mewujudkan ketertiban dari aksi kekerasan geng narkoba.
sumber:bs

0 komentar:

Posting Komentar