Rabu, 25 Maret 2015

Bandung Akan Hadir Mobil Pembersih Jalan Raya

Jalur - Wali Kota Bandung Ridwan Kamil tengah memesan 15 kendaraan untuk membersihkan sampah di jalan raya Kota Bandung, Jawa Barat. Harga per unit kendaraan yaitu Rp600 juta dan merupakan produk dari sebuah negara di Eropa.

Hingga Rabu 25 Maret, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memiliki satu kendaraan tersebut. Namun mobil jarang menyapu jalan dengan alasan terkendala biaya operasional.

Kepala Dinas Kebersihan Kota Bandung, Cecep, mengatakan keberadaan kendaraan itu sangat membantu tugas pekerja kebersihan. Namun, ia mengaku belum menganggarkan alokasi dana operasionalnya.

"Tentu kita senang karena akan membantu kinerja kita juga yang bertanggung jawab atas kebersihan di Bandung. Tapi, kita juga belum menganggarkan dana untuk operasional mobil tersebut," ujar Cecep ketika ditemui di ruang kerja Dinas Kebersihan Kota Bandung.

Namun, menurut Cecep, pihaknya belum mengetahui secara pasti proses kedepannya. Karena menurut rencana Emil, mobil tersebut akan diserahkan ke beberapa Kecamatan di Kota Bandung melalui Badan Penanggulanganan Lingkungan Hidup (BPLH).

"Untuk prosesnya kedepan kita belum mendapatkan info lagi. Karena kewenangan ada di BPLH yang ditunjuk oleh pak Wali untuk mengurus pengadaan mobil itu," kata Cecep.

Sementara, untuk biaya operasional satu mobil penyapu yang ada saat ini di PD Kebersihan harus menelan kurang lebih Rp200 juta untuk beberapa bulan. Mulai dari pengemudi yang merangkap sebagai operator hingga suku cadang mobil tersebut.

"Mobil yang ada sekarang ini juga itu mahal untuk biaya operasionalnya. Sampai Rp200 juta, itu untuk supirnya karena harus yang ahli dan juga buat perawatan sapu-sapunya. Itu mahal," tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar