Sabtu, 07 Maret 2015

ISIS Hancurkan Kota Tua Asiria Abad ke-13 di Nimrud

Jalur - Kelompok ISIS kembali hancurkan kota tua Asiria, di Nimrud, Bangunan berupa Patung kerbau bersayap di Nimrud ini dihancurkan paksa.

Para arkeolog dan lembaga internasional menyampaikan kemarahan terhadap penghancuran kota kuno Asiria, Nimrud, oleh kelompok yang menamakan diri Negara Islam atau ISIS di Irak.

Kelompok yang sudah menguasai bagian-bagian di Irak dan Suriah mulai menghancurkan situs yang didirikan pada abad ke-13 Sebelum Masehi itu.

Irina Bokova, kepala Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan (UNESCO) mengecam penghancuran "sistematis" di Irak ini sebagai "kejahatan perang".

"Ini merupakan serangan terhadap rakyat Irak, yang mengingatkan kita bahwa tidak ada yang aman dari pembasmian budaya di negara itu. Semua menjadi target: nyawa manusia, kelompok minoritas dan ini ditandai dengan penghancuran sistematis warisan budaya kuno," kata Bokova.

ISIS mengatakan tempat pemujaan dan patung kuno merupakan "benda berhala" yang harus dihancurkan.

"Mereka sedang menghapus sejarah kami," kata arkeolog Irak Lamia al-Gailani. Gailani mengatakan Nimrud merupakan salah satu situs paling penting di Irak.
sumber:BBC

0 komentar:

Posting Komentar