Kamis, 05 September 2013

Ribuan Buruh Kepung Istana



JAKARTA - Sebanyak 20.000 buruh berencana menggelar aksi unjuk rasa di Jakarta, Kamis (5/9/2013) mulai pukul 09.00 WIB. Aksi ini akan digelar di istana negara serta beberapa kementerian lainnya.

Informasi yang dihimpun Tribunnews.com, aksi diikuti oleh massa dari berbagai elemen buruh seperti KSPI. Rencananya, usai berunjuk rasa di Istana Negara, massa aksi disebar ke Kementrian BUMN, Kemenakertrans, Jamsostek dan Kemenkes di Kuningan, Jakarta Selatan.

Dalam aksinya massa buruh menuntut agar seluruh pekerja outsourcing di Jamsostek dan BUMN menjadi pekerja tetap, dan menuntut kenaikan upah minimum 50 persen dari UMP Jakarta yakni sebesar Rp 3,7 juta.

Tak hanya itu, massa juga menuntut agar pemerintah menjalankan jaminan keselamatan untuk seluruh rakyat Indonesia pada 1 Januari 2014.

Sebelumnya, sekitar 3.000 buruh DKI Jakarta, Selasa (3/9/2013) menggelar aksi demonstrasi di depan Balaikota DKI Jakarta tempat Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berkantor. Dalam aksinya mereka menuntut kenaikan UMP menjadi sebesar Rp 3,7 juta terhitung tahun 2014 mendatang.

Selain menuntut kenaikan UMP, ribuan buruh juga menolak dan mendesak pencabutan Inpres tentang penetapan UMP yang ditetapkan sepihak oleh pemerintah dengan hanya mendengarkan Apindo tanpa dialog dengan serikat buruh.

0 komentar:

Posting Komentar