Minggu, 05 Januari 2014

Malam Tahun Baru, 1.067 Kendaraan Dibakar di Perancis


Paris - Menteri Dalam Negeri Perancis Manuel Valls mengumumkan, 1.067 kendaraan dibakar di negeri fesyen tersebut selama perayaan Tahun Baru 2014.

Menurutnya, angka tersebut mencakup mobil, mobil van, dan skuter. Angka ini sebenarnya turun sekitar 10% dari angka kendaraan yang dibakar pada 2013.

Tradisi membakar kendaraan pada malam pergantian baru dan pada 14 Juli, yang merupakan libur nasional, dimulai di Perancis pada awal 1990-an sebagai bentuk protes, tetapi berubah menjadi kontes antara sejumlah wilayah di negara itu.

LeftLaneNews melansir, pemuda yang hidup di pinggiran kota-kota besar seperti Paris, Strasbourg, Marseille, dan Toulouse turun ke jalan setiap tahun untuk melihat siapa yang paling hebat membuat kekacauan.

Bahkan banyak dari mereka yang sengaja membakar mobil sendiri demi mendapatkan jaminan asuransi. Bagaimanapun, angka 1.067 kendaraan tersebut tidak ada apa-apanya dibanding data bahwa rata-rata di Prancis ada 40 ribu kendaraan yang dibakar tiap tahun.

Jika mayoritas orang di dunia lebih memilih membakar kembang api pada malam pergantian tahun, ternyata orang-orang di Prancis justru lebih memilih membakar mobil dan kendaraan bermotor lainnya.

sumber: beritajatim