Kamis, 23 Januari 2014

Info Jalur TransJakarta "Rute Ekspres" PGC-Ancol

Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta membuka jalur ekspres TransJakarta untuk rute Pusat Grosir Cililitan (PGC)-Ancol. Rute itu resmi operasi mulai hari ini, Rabu, 22 Januari 2014. Jalur tersebut menggabungkan Koridor V jurusan Ancol-Kampung Melayu dan Koridor VII Kampung Melayu-Kampung Rambutan.

Kepala Unit Pelaksana TransJakarta, Pargaulan Butar Butar, mengatakan, secara umum, jalur yang dilewati oleh rute baru itu sama dengan Koridor V dan VII, termasuk halte-halte pemberhentiannya.

Hanya saja bus PGC-Ancol tidak berhenti di Halte Kampung Melayu. Jam operasional semuanya sama yakni dari pukul 5.00 pagi samai jam 10.00 malam. Tarifnya juga tidak berbeda, yaitu Rp3.500 per sekali perjalanan. Sedangkan pagi hari sebelum pukul 7.00 WIB, Rp2.000.

Adapun halte yang dilewati TransJakarta rute ekspres tersebut adalah Halte Ancol-Halte Pademangan-Halte Jembatan-Halte Pasar Baru Timur-Halte Budi Utomo-Halte Senen Sentral Senen (lewat jembatan) Stasiun Senen-Halte Pal Putih-Halte Kramat Sentiong NU Stasiun Gang Sentiong-Halte Salemba UI-Halte Salemba Carolus-Halte Matraman 1-Halte Matraman 2 (lewat jembatan).

Kemudian Halte-Tegalan-Halte Slamet Riyadi Stasiun Pondok Jati-Halte Kebon Pala-Halte Pasar Jatinegara-Halte Jatinegara RS. Premier-Halte Bidara Cina-Halte Gelanggang Remaja-Halte Cawang Otista-Halte Cawang BNN-Halte Cawang UKI-Halte Sutoyo BKN dan terakhir di Halte Cililitan PGC.

"Totalnya ada 25 halte yang dilewati. Rute ekspres ini dibuat supaya penumpang dari Ancol maupun dari PGC tidak usah transit dulu di Kampung Melayu dan tidak perlu naik dua kali bus," kata Pargaulan. Untuk tahap pertama ini, operasional didukung oleh 15 unit bus gandeng.

Dua Rute Lain

Selain PGC-Ancol, rute ekpres lainnya adalah Kalideres-Bundaran Senayan dan Pulo Gadung-Bundaran Senayan. "Kami akan meningkatan juga pelayanan rute pelayanan langsung untuk rute lainnya," ujar Pargaulan.

Dua rute terakhir tadi itu untuk mempercepat waktu perjalanan warga dari Pulo Gadung dan Kalideres. Sebab saat ini penumpangnya semakin meningkat. Namun, bus tidak akan singgah di Halte Harmoni.

"Ini pelayanan khusus yang kami berikan untuk mengantisipasi tingginya jumlah penumpang menunggu di Halte Harmoni. Penumpang kami bawa langsung ke halte berikutnya," ujar Pargaulan.