Jumat, 31 Juli 2015

Diperiksa Anak Buah Buwas, Kantor Ahok Diserang

Jalur- Para pengguna internet (netizen) dan warga Jakarta mengaku terkejut saat membuka situs resmi Pemerintah DKI Jakarta. Sebab, ada tampilan ondel-ondel sedang natalan.

Saat diakses pukul 10.00 WIB, Kamis (30/7), web pemerintah itu menjadi bernuansa hari raya Natal. Ada ondel-ondel sedang menghias pohon Natal dan ada kado-kado dan balon warna-warni.

Rupanya situs tersebut sedang di-hack atau dibajak oleh sekelompok tidak bertanggung jawab. “Di-hack kali, lagi diperbaiki sekarang,” kata Gubernur Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) saat dikonfirmasi di BalaiKota DKI Jakarta, kemarin.

Situs itu sempat tidak bisa diakses untuk sementara. Tampak gambar ondel-ondel sedang menghadap laptop dengan tulisan besar ‘SEDANG DALAM PERBAIKAN’. Hingga kini belum diketahui siapa yang meng-hack dan apa motifnya.

Namun, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Kehumasan DKI Ii Kurnia memastikan situs resmi itu tidak diretas. Menurut Ii, ada kesalahan dalam pengaturan server dari situs web yang menjadi portal itu. “Server kita mengalami kendala teknis,” ujar Ii, kemarin.

Saat server mengalami kendala teknis, Ii mengatakan server secara otomatis mengirimkan perintah kepada aplikasi situs web untuk memberikan pesan yang menyatakan bahwa situs web tengah diperbaiki.

Hal itulah yang menyebabkan beberapa perangkat yang mengakses situs web ‘jakarta.go.id’ menerima tulisan yang berbunyi ‘jakarta.go.id sedang dalam perbaikan’, disertai ilustrasi ondel-ondel yang tengah mengoperasikan sebuah perangkat komputer

Sementara, bila diakses melalui perangkat lain seperti laptop atau komputer pribadi, muncul ilustrasi bergambar lain, yaitu ondel-ondel yang tengah menaiki anak tangga untuk memasang sebuah hiasan di atas pohon natal.

Ii membantah adanya motif politik di balik dimunculkannya ilustrasi tersebut. Situs jakarta.go.id, memang memiliki beberapa tema, termasuk tema untuk tampilan situs yang sedang diperbaiki, untuk beberapa kesempatan seperti Hari Natal dan Tahun Baru, dan Hari Raya Idul Fitri.

Tampilan ondel-ondel sedang berusaha memasang hiasan di atas pohon natal, adalah tampilan yang seharusnya muncul bila situs jakarta.go.id diperbaiki di bulan Desember atau Januari.

Ii membantah situs jakarta.go.id diretas. Diskominfomas DKI, tengah mengambil langkah penanganan untuk mencari kesalahan di server atau aplikasi web, yang menyebabkan situs web tak bisa diakses, dan malah memunculkan tampilan ondel-ondel dan pohon natal saat diakses melalui perangkat komputer pribadi dan laptop. “Saya minta ke teman-teman di Diskominfomas, nanti situsnya sudah live lagi,” tutur Ii.
sumber:knonstop

0 komentar:

Posting Komentar