This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.This theme is Bloggerized by Lasantha Bandara - Premiumbloggertemplates.com.

Selasa, 24 Desember 2013

Minggu Ini Tol Kebon Jeruk-Ciledug Akan di Resmikan

 
Jakarta - Juru bicara Kementerian Pekerjaan Umum Danis Sumadilaga mengatakan ruas tol Kebon Jeruk-Ciledug sudah siap beroperasi Desember 2013.  "Rencananya akan diresmikan Jumat, 27 Desember 2013, jam 9 pagi," kata Danis, Selasa 24/12.

Usai diresmikan, Jalan Tol Outer Ring Road West II Utara ruas Kebon Jeruk sampai Ciledug sudah bisa digunakan. Menurut Danis, tarif tol yang akan berlaku di ruas tol tersebut akan diumumkan bersamaan dengan acara peresmian. "Kelengkapan fisik sudah lengkap, baik lampu maupun rambu," kata Danis.

Sebenarnya, jalan tol ini total panjangnya 7,67 kilometer. Namun baru terbangun sepanjang 5,6 kilometer hingga Ciledug, sisa sepanjang 2,07 kilometer masih belum selesai. Ruas jalan yang menghubungkan Ulujami dengan Ciledug masih dalam proses pembayaran untuk pembebasan lahan. (Baca: Tol JORR W2 Utara Siap Dilanjutkan dan Kesepakatan Pembebasan Lahan JORR W2 Tercapai)

Jika seluruh proyek tol ini sudah jadi, diperkirakan bakal mengurangi kemacetan di tol dalam kota hingga 25 persen. Sebabnya, perjalanan yang biasa melewati pusat kota dialihkan melalui pinggang kota. Kepadatan di tol dalam kota, seperti Cawang dan Tomang bisa terurai karena kendaraan-kendaraan memiliki jalan alternatif melalui pinggiran kota. Selain itu, bagi warga di selatan Jakarta, seperti Ulujami atau Ciledug, yang menuju Kebon Jeruk atau Bandara bisa melalui tol ini. Pengendara dari arah Selatan dan Barat Jakarta pun bisa masuk melalui Ciledug atau Joglo.

Tidak Ada Skenario 'Dinasti Atut' di Banten

 
Jakarta - Keluarga besar Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah menanggapi secara santai adanya rencana petinggi Partai Golkar 'merombak' struktur kepengurusan DPD Partai Golkar Banten yang dikuasai oleh 'Dinasti Atut'.

Bagi keluarga besar Atut, beberapa anggota keluarganya menduduki jabatan penting di pemerintahan dan DPRD wilayah Banten itu adalah bagian dari takdir Tuhan.

"Kami tidak pernah merasa menjadi dinasti. Jadi, apapun yang dikatakan mereka, silakan saja. Ini air mengalir saja. Kalau kami duduk di pemerintahan atau sebagainya, mungkin ini takdir Tuhan," kata Wakil Bupati Serang sekaligus adik Atut, Ratu Tatu Chasanah, usai membesuk Atut di Rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur, Selasa (24/12).

Dia menegaskan, sejak awal keluarganya tidak pernah sengaja menskenariokan dan berusaha untuk membangun 'Dinasti Atut' di Banten. "Kan semua berupaya, tapi Tuhan yang menentukan. Kami bisa seperti kemarin di Banten itu, yah kita sebagai orang beragama maka harus terima, karena itu takdir Tuhan," tambahnya.

Dia menegaskan, sejak awal keluarganya tidak pernah sengaja menskenariokan dan berusaha untuk membangun 'Dinasti Atut' di Banten. Keberadaan Ratu Atut Chosiyah di Rutan Pondok Bambu merupakan tahanan titipan dari KPK.

Dia ditahan KPK di Rutan itu sejak Jumat (20/12) petang, atas kasus dugaan suap Ketua MK Akil Mochtar terkait penanganan sengketa Pemilukada Lebak di MK, yang juga melibatkan adiknya, Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan.Dinasti Atut disebut-sebut goyah setelah Atut ditetapkan dan ditahan KPK atas kasus korupsi yang juga melibatkan adiknya itu.

Pada 18 Desember 2013, Ketua Dewan Pertimbangan DPP Partai Golkar, Akbar Tanjung, memberikan pandangan tentang formasi DPD Golkar di Banten yang perlu dirombak seiring ditetapkannya Atut sebagai tersangka kasus korupsi di KPK.

Menurut Akbar, DPD Golkar di Banten yang masih berkaitan dengan Atut harus segera dibersihkan. Perombakan itu diharapkan dapat mengembalikan kepercayaan publik terhadap Partai Golkar. "Dari segi kepengurusan pengurus di Banten itu perlu perubahan. Tokoh yang bisa diterima oleh masyarakat," kata Akbar saat itu.

Malam Tahun Baru TransJ Beroperasi 24 Jam

 
Jakarta - Bus TransJakarta koridor I rute Blok M - Kota dan koridor IX rute Pinang Ranti - Pluit akan beroperasi 24 jam pada perayaan Tahun Baru 2014.

Kepala Unit Pengelola TransJakarta, Pargaulan Butar Butar, Selasa 24 Desember 2013, mengatakan, pengoperasian itu akan disesuaikan dengan situasi di sekitar digelarnya Jakarta Night Festival.

Karena pada malam pergantian tahun akan ada panggung pertunjukan di sepanjang Jalan Sudirman - Thamrin.

"Jadi normalnya busway jalan dari pukul 5 pagi sampai 11 malam. Kami akan nyambung supaya malam itu ada, kami keluarkan Amari (angkutan malam hari-red) sampai jam 5 pagi," kata Pargaulan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Udar Pristono, mengaku sudah meminta kepada UP TransJakarta supaya menambah armada dalam rangka tahun baru.

"Kalau yang ke Blok M tambah 15 bus dan ke kota tambah 10 bus. Kemudian kami imbau parkir motor di Agus Salim, karena jalan tertutup. Kami harap masuk semua ke off street," kata dia.

Selain itu, kata Pristono, Dishub DKI juga sudah melakukan rekayasa lalu lintas terkait adanya Jakarta Night Festival.

Sejak pukul 16.00 WIB, kendaraan sudah harus steril dan tidak boleh masuk ke area Jakarta Night Festival. Mulai dari Dukuh Atas hingga kawasan Monumen Nasional (Monas).

"Sampai Dukuh Atas sudah difilter. Paling akhir di gedung BNI. Untuk parkir di Inti Monas, Polda, Parkir Timur Senayan dan gedung-gedung sepanjang jalan Sudirman - Thamrin," katanya.

Buron: Eddy Tansil Terlihat di China

 
Jakarta  - Masih ingat dengan koruptor Rp 1,3 triliun yang melarikan diri dari Lembaga Pemasyarakatan Cipinang 1996 lalu? Eddy Tansil, pembobol uang negara lewat kredit Bank Bapindo melalui perusahaan Golden Key Group, terlacak Kejaksaan Agung berada di China.

Demikian diungkapkan Jaksa Agung Basrief Arief dalam Konferensi Pers Akhir Tahun 2013, Senin (23/12/2013), yang dihadiri sejumlah insan pers di Aula Bina Karya, Kejaksaan Agung RI, Jakarta Selatan.

"Terkait masalah Eddy Tansil tadi, saya sudah katakan bahwa itu terlacak. Kalau tidak terlacak, tidak mungkin kita melakukan ekstradisi," kata Basrief.

Dia mengatakan, Eddy Tansil terlacak berada di China dan Kejaksaan sudah melakukan usaha ekstradisi dengan mengirimkan surat kepada Pemerintah China melalui Kementerian Hukum dan HAM.

"Jadi, itu terlacak karena kita mendapatkan informasi berada di China. Oleh karena itu, kita sudah minta ekstradisi kepada Pemerintah China melalui surat Menteri Hukum dan HAM selaku sentral otoriti pada 8 September 2011. Ini tetap kita upayakan," ujarnya.

Selain itu, kejaksaan pun sudah melakukan koordinasi dengan pihak Bank Mandiri selaku pelaksana penyelesaian barang sita eksekusi Eddy Tansil.

"Namun, sampai 17 Desember 2013, belum ada tambahan penyelesaian lelang oleh Bank Mandiri karena barang sita eksekusi yang dilelang belum terjual," ujarnya.

Pihaknya mengaku telah menemukan beberapa aset milik terpidana Eddy Tansil di wilayah hukum Jabodetabek yang diperuntukkan sebagai uang pengganti kerugian negara. "Namun, belum diperoleh nilai indikatifnya," ucap Basrief.

Eddy Tansil melarikan diri dari Lapas Cipinang, Jakarta Timur, pada 4 Mei 1996 lalu saat menjalani masa hukuman 20 tahun penjara. Dia terbukti telah melakukan penggelapan uang sebesar 565 juta dollar AS yang didapatnya dari kredit Bank Bapindo melalui perusahaan Golden Key Group.

Pengadilan Negeri Jakarta Pusat memvonis Eddy Tansil 20 tahun penjara dengan denda Rp 30 juta dan diwajibkan membayar uang pengganti sebesar Rp 500 miliar dan membayar kerugian negara Rp 1,3 triliun.

Mikhail Kalashnikov dan AK-47


Moskow - Mikhail Kalashnikov yang meninggal Senin pada usia 94 tahun, menciptakan senapan AK - 47 saat berusia 20-an. "A" adalah singkatan untuk "avtomat" yang artinya senapan otomatis, sedangkan "K" singkatan dari Kalashnikov. "47" merujuk pada tahun berakhirnya kompetisi merancang senapan serbu Rusia.

Reuters melaporkan bahwa pada tahun 1949 senjata itu mulai dipakai militer Rusia dan versi selanjutnya dari AK - 47 hingga kini digunakan oleh pasukan bersenjata maupun kepolisian Rusia.

Senapan tersebut menjadi legendaris dan banyak digunakan militer, gerakan revolusi anti-Barat serta kelompok kiri di seluruh dunia. Di sisi lain, AK - 47 juga jadi pilihan gangster, sindikat narkoba, kaum militan, dan pemberontak.

Para penggemar AK - 47 menyebut senjata itu tetap berfungsi dalam kondisi debu, pasir, dan lumpur. Salah satu cerita mengenai senjata itu terjadi tahun 1973, saat Presiden Salvador Allende tewas dengan menggenggam AK - 47 hadiah dari Fidel Castro.

Allende tewas dalam kudeta oleh Jenderal Augusto Pinochet yang pro-Amerika Serikat. Tiga puluh tahun kemudian, 2003, tentara Amerika Serikat yang menyerbu salah satu istana di Baghdad, Irak, menemukan AK -47 berlapis emas yang konon hadiah milik Saddam Hussein, pemberian dari anaknya, uday.

AK - 47 juga tampil bersama pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden dalam rekaman video saat sosok itu mengecam Barat. Bin Laden tewas tahun 2011. "Senapan yang kuat ini, paling cepat, paling gampang, paling murah mengubah peternak, petani, guru, remaja jadi mesin pembunuh yang efektif," tulis Larry Kahaner dalam bukunya "AK-47: The Weapon that Changed the Face of War".

"Banyak ahli militer Barat menyebut AK - 47 barang rongsokan, tapi sebagian tentara Amerika Serikat memilih AK untuk tugas di Irak karena debu cenderung membuat senapan M-16 mereka macet," tulis Kahaner.

Mempertahankan Perbatasan

Kalashnikov punya komentar atas senjatanya yang digunakan berbagai pihak. "Sangat menyayat hati bagiku melihat penjahat dan sejenisnya menembak dengan senjataku," kata Kalashnikov dalam rekaman video untuk konferensi senjata Rusia tahun 2009.

Kalashnikov mengatakan "senjata ini kuciptakan untuk mempertahankan perbatasan tanah air kita." Meski AK - 47 melegenda, awalnya, para perancang senjata Rusia menganggap remeh senapan "primitif" karya sersan Kalashnikov tahun 1942.

Dia merancang AK - 47 saat dirawat di rumah sakit di Kazakhstan akibat luka bakar dari tank pada Perang Dunia II. Lima tahun kemudian, AK - 47 rancangannya dipilih oleh militer dari serangkaian model yang diajukan para perancang.

Kalashnikov mengatakan bahwa simpel dan dapat diandalkan adalah hal yang menyelamatkan nyawa dalam perang. "Itu moto hidupku, aku menciptakan senjata...supaya simpel dan dapat diandalkan."

Dua hal itu juga yang membuat AK - 47 gampang ditiru. Sekitar setengah dari 100 juta Kalashnikov di dunia adalah barang tiruan yang dibuat tanpa lisensi.

Kalashnikov secara resmi digunakan di 55 negara dan beberapa negara bahkan menampilkan senapan itu dalam lambang resmi mereka. Reuters juga menulis bahwa beberapa anak di negara berkembang diberi nama "Kalash".

Lahir dalam Perang

Mikhail Timofeyevich Kalashnikov lahir pada 10 November 1919 saat perang saudara menyusul Revolusi Bolshevik. Dia lahir dari keluarga petani di desa Kurya, wilayah Altai, Siberia bagian Selatan.

Kalashnikov, sersan saat Perang Dunia II, mendapat pangkat kolonel tahun 1969 lalu menjadi jenderal bintang dua. Dia dua kali mendapat penghargaan "Pahlawan Buruh Sosialis" serta diberi Penghargaan Stalin dan Penghargaan Lenin.

Jika di Barat seorang penemu bisa jadi miliuner, maka di Rusia Kalashnikov tinggal di apartemen sederhana era Soviet di Izhevsk. Pada dasawarsa 90 dia bertemu dengan pencipta M-16, Eugene Stoner.

Setelah perjumpaan itu Kalashnikov membandingkan dirinya yang hampir tidak bisa membeli tiket perjalanan Izhevk-Moskow, sedangkan Stoner menerbangkan pesawat sendiri.

Mikhail Timofeyevich Kalashnikov yang lahir 10 November 1919 dan wafat 23 Desember 2013 adalah perancang senjata handal asal Rusia. Ia dikenal sebagai pengembang senapan AK-47, AKM, dan AK-74.

Pada tahun 1938 dia masuk wajib militer Tentara Merah dan menjadi komandan tank pada awal Perang Patriotik Besar dan bertugas di komando daerah khusus di Kiev Ukraina. Sejak itu ia menekuni bidang-bidang permesinan dan terus mendalami mekanisme persenjataan di antaranya adalah ahli mekanik tank.

Pendidikan inilah yang menjadi modal dasarnya menciptakan beragam perlengkapan perang. Ia merancang indikator inersi untuk mencatat jumlah tembakan dari meriam tank. Lalu ia juga membuat perangkat untuk melihat efektivitas tembakan dari jendela tank. Begitu pula indikator untuk melihat kinerja mesin tank.

Kreativitas Kalashnikov dan perangkat buatannya ternyata menarik perhatian panglima komando daerah yang dijabat Jendral Georgy Zhukov. Zhukov lalu memberi hadiah sebuah jam tangan dan mengirim Kalashnikov ke Leningrad-kini St. Petersburg.

Di sana Kalashnikov diberi kesempatan untuk mengembangkan perangkat buatannya untuk diproduksi secara massal. Selain itu juga diangkat sebagai penasihat teknik untuk bidang militer, terutama untuk produk meter bahan bakar dan roda rantai kendaraan tempur.

Pada musim gugur 1941, ketika pertempuran melawan Jerman, ia diangkat menjadi komandan pasukan tank pada "Marshal Katukov's First Tank Army" yang menggunakan tank T-34, dengan pangkat sersan senior.

Pada bulan Oktober 1941, Kalashnikov terluka parah pada pertempuran di Bryansk, kota yang berjarak sekitar 379 KM di barat daya kota Moskow, dan dikirim pulang dari garis depan serta dirawat dirumah sakit. Di sini ia banyak berbincang-bincang dengan sesama pasien tentara yang dirawat tentang persenjataan, di antaranya tentang keluhan perihal kurangnya senapan mesin (otomatis) pada pasukan Soviet dibandingkan dengan milik pasukan Jerman.

Atas diskusi dan keluhan dari rekan-rekan sejawatnya, Kalashnikov mulai memikirkan rancangan senapannya di rumah sakit bagi Tentara Merah. Ia mulai banyak membaca di perpustakaan rumah sakit tentang teknik senapan. Pegawai rumah sakit yang bernama Marusya meminjamkan buku dasar-dasar persenjataan yang ditulis V.G. Federov yang berjudul "Evoluyutsia Strelkovogo Oruzhiya" yang diterbitkan pada tahun 1939.

Kalashnikov kemudian bergabung dengan lokakarya Institut Penerbangan Moskwa. Ketika bekerja di situ, Kalashnikov merancang beberapa inovasi untuk tank, antara lain sebuah alat penghitung jumlah tembakan. Setelah beberapa tahun, ia diangkat menjadi kepala insinyur, dan diberikan lebih banyak sumber daya.

Pada tahun 1942, tentara Merah mendirikan proyek untuk menciptakan senapan mesin yang ringan dan mudah dioperasikan. Dalam proyek ini terdapat tenaga perancang ternama yakni G.S. Shpagin, V.A. Degtyarev dan Kalashnikov serta Aleksei Ivanovich Sudayev. Namun pada pertandingan perancangan senapan mesin/senapan otomatis ini ternyata dimenangkan Aleksei Ivanovich Sudayev dengan model PPS-43.

Meski kalah, tetapi rancangan Kalashnikov diperhatikan Jendral Anatoly Arkadaevich Blagonravov, pemegang kunci dalam program persenjataan Uni Soviet dan komisaris pada "Artilleriskoi Akademi RKKA im Dzerzhinskogo".

Pada tahun 1947, dia merancang AK-47. Dan berkat keuletannya pada tahun 1948, Kolonel Teknik Vladimir Sergeyevich, memberi selamat kepada Kalashnikov karena rancangannya berupa "Avtomat Kalashnikova" diterima menjadi senapan standar, dan pada tahun 1949, senapan serbu AK-47 (Avtomat Kalashnikova Obrazetsa) berkaliber 7,62 mm ini mulai secara luas dipakai Tentara Merah.

Senjata ini diproduksi secara massal antara 1948-1951, model berikutnya antara 1952-1954, lalu diterbitkan lagi model ketiga yang tetap dinamai AK-47 dan pada tahun 1959 diperkenalkan model AKM.

Senapan ini begitu populer di dunia karena mudah dioperasikan di berbagai medan tempur. Bahkan popularitas senapan rancangannya menjadi simbol-simbol perjuangan kaum antikemapanan, gerilyawan hingga bendera nasional seperti halnya bendera negara Mozambik, bendera Hizbullah, hingga korps Garda Revolusioner Islam Iran, meski Iran lebih banyak mengadopsi senapan buatan barat seperti Gewehr G-3.

Kalashnikov sendiri mengatakan ketika membandingkan senapannya dengan senapan M-16 dengan menyebutkan bahwa senapannya memang lebih berat dibandingkan M-16, namun M-16 dianggapnya terlalu rumit sehingga sering merepotkan ketika macet digunakan, terutama M-16 versi awal (M-16A1).

Karena begitu populernya sehingga ada ungkapan bahwa senapan ini sangat akrab dari kalangan kawanan bandit hingga anggota pasukan elite negara. Bahkan di kalangan pemuda pada suku-suku di Afrika, ada sebuah lagu yang sangat populer dinyanyikan pemuda dengan bahasa setempat yang bisa diartikan seperti ini, "Tanpa uang, anda bukanlah apa-apa, tanpa sebuah Kalash...." (yang dimaksud adalah senapan Kalashnikov).

Alasan mengapa teroris menggunakan AK-47 dibanding senjata api lainnya? Senjata api legendaris made in Uni Sovyet ini sangat banyak penggunanya. Di Indonesia, khususnya di Banda Aceh, Ak-47 bukanlah kata asing. Mulai orang dewasa hingga anak anakpun tahu, karena senjata ini digemari pasukan GAM (Gerakan Aceh Merdeka) karena kehebatan senjata ini. Bahkan mereka meremehkan M16 dan SS-1 yang biasa digunakan TNI dan Polri. Di Aceh ada semboyan yang berbunyi "satu peluru AK-47, tembus 10 orang".

Sabtu, 21 Desember 2013

Rencana Jalur 3 in 1 Diusulkan dari Perbatasan Jakarta


Jakarta - Sistem 3 in 1 yang sudah lama diberlakukan di jalan protokol ibu kota, diusulkan bisa diterapkan juga di daerah penyangga yang berbatasan dengan Jakarta. Dengan begitu, diharapkan bisa mengurangi kendaraan yang masuk ke Jakarta, sehingga kemacetan pun jadi berkurang.

"Untuk mengurangi kendaraan yang masuk ke Jakarta dari daerah penyangga sebaiknya 3 in 1 dimulai, dari ujung. Mobil tidak boleh lewat, dan di sana disiapkan bus. Jadi ada yang antar ke dalam kota," ujar Soeroyo Alimoeso, Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan RI, dalam diskusi publik yang bertajuk, Mobil Murah dan Kemacetan Jakarta Serta Keseimbangan Infrastruktur dan Moda Transportasi Nasional di sebuah hotel di Jakarta, Sabtu (21/12).

Namun, untuk mewujudkan ide itu, harus ada perbaikan kualitas angkutan umum juga di daerah penyangga. Karena saat ini angkutan umum masih banyak yang tidak memadai. "Nanti kita jemput bola pakai shuttle service ke daerah-daerah penyangga. Selain itu, harus hilang juga gengsi untuk tidak memakai mobil sampai di kantor," tuturnya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI, Udar Pristono mengatakan, Pemprov DKI sendiri sudah mendatangkan bus-bus baru sebagai bagian dari program revitalisasi angkutan untuk semakin membudayakan warga Jakarta menggunakan angkutan umum.

"2014 adalah tahun perbaikan angkutan massal. Desember ini datang 310 unit bus Transjakarta, dan 345 unit bus medium yang rencananya dioperasikan pada Januari nanti," ungkapnya.

Tidak hanya itu, lanjut Pristono, rencananya masih akan datang ribuan bus lagi pada tahun depan sehingga Pemprov DKI bisa menciptakan alat transportasi murah dan nyaman. "Tahun depan kita mau datangkan seribu bus Transjakarta, dan tiga ribu bus sedang. Jakarta akan dipenuhi transportasi umum yang berkualitas," ucapnya.

Tarif Kereta Akan Naik Awal 2014


Jakarat - Tahun baru 2014 akan disambut PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) dengan menaikkan tarif tiket kereta api (KA) Jabodetabek. Rencana kenaikan itu akan direalisasikan pada awal hingga pertengahan tahun 2014 mendatang, karena saat ini masih dilakukan kajian besaran harga tiket KA.

"Kenaikan sudah pasti ada di tahun depan, tapi untuk bulan berapa tepatnya belum ditetapkan. Kalau sekarang harga tiket masih sama tarif progresif, untuk 5 stasiun pertama Rp 2.000 dan 3 stasiun berikutnya Rp 500," ucap Eva Chairunisa, Manager Komunikasi PT KCJ, Sabtu (21/12).

Kenaikan tarif ini, lanjutnya, akan diimbangi dengan peningkatan pelayanan. Termasuk dengan mendatangkan sebanyak 100 gerbong KA bekas Jepang dari 180 gerbong yang direncanakan. Semua kereta, katanya, saat ini masih dalam tes uji mesin, proses kelayakan kereta, dan pemasangan interior.

"Kalau Desember ini akan ada 2 rangkaian kereta yang sudah siap dijalankan. Untuk 1 rangkaian ada 10 gerbong kereta api. Kami membeli sebanyak 18 rangkaian kereta api," terangnya.

Ifan (25) penumpang yang ditemui di Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, tidak mempermasalahkan kenaikan tarif KA tersebut, asalkan tingkat kenyamanan dan keamanan penumpang ditingkatkan lagi. "Naik tidak masalah, asal pelayanan semakin baik. Kalau naik tanpa adanya perbaikan sama saja merugikan penumpang. Kalau keamanan, masih banyak pelaku kejahatan. Seharusnya petugas keamanan ditingkatkan baik di stasiun maupun dalam kereta," tandasnya.